facebook

4 Manfaat Buah Durian bagi Kesehatan, Baik Untuk Daya Tahan Tubuh

Mericy setianingrum
4 Manfaat Buah Durian bagi Kesehatan, Baik Untuk Daya Tahan Tubuh
Ilustrasi buah durian (Pixabay.com/truthseeker08)

Buah durian atau yang kerap dijuluki raja buah ini memang mempunyai aroma menyengat, sehingga ada sebagian orang yang tidak menyukai buah durian ini karena aromanya. Padahal, buah durian apabila dikonsumsi dengan porsi yang pas atau tidak berlebihan dapat bermanfaat bagi kesehatan. 

Beberapa penelitian pun menyebutkan bahwa buah durian ini mempunyai kandungan gizi seperti vitamin B, C, zat besi, potasium, senyawa nabati, lemak sehat, dan serat. 

Dirangkum dari laman Klikdokter, berikut ini adalah empat manfaat buah durian untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui.

1. Mengatasi Insomnia

Buah durian mempunyai kandungan senyawa bernama triptofan yang dapat memberikan efek mengantuk. Kemudian, buah ini juga mempunyai kandungan vitamin B kompleks, kalsium dan zat besi yang juga baik untuk kualitas tidur. Oleh karena itu, apabila kalian mengalami insomnia sebaiknya bisa mengonsumsi durian secara teratur. 

2. Mencegah Penuaan Dini

Buah durian yang mempunyai kulit berduri dan daging buahnya berwarna kuning cerah ini juga mengandung banyak antioksidan yang baik dalam melawan radikal bebas. Oleh karena itu, sel-sel tubuh pun akan terhindar dari kerusakan dan ini bisa membantu kamu lebih awet muda. 

3. Menurunkan Risiko Kanker

Selain kandungan antioksidan, buah durian juga mengandung polifenol yang mana mempunyai efek antikanker. Oleh karena itu, makan durian dapat bermanfaat untuk membantu menurunkan risiko kanker.

Selain itu, kandungan vitamin A, B, dan E pada buah yang berwarna kuning ini juga membantu memberikan efek yang sama yakni dapat menurunkan risiko penyakit kanker yang berbahaya.

4. Baik untuk Daya Tahan Tubuh

Salah satu vitamin yang baik untuk daya tahan tubuh adalah vitamin C guna menangkal penyakit akibat infeksi.

Nah, buah durian ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, sehingga buah ini bisa menjadi pilihan untuk menjaga sistem imun tubuh.

Selain baik untuk daya tahan tubuh, vitamin C juga bisa membantu dalam proses penyembuhan luka lebih cepat.

Demikian tadi empat manfaat buah durian bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak