facebook

5 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Salah Satunya Atasi Asam Urat

Rozi Rista Aga Zidna
5 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Salah Satunya Atasi Asam Urat
Ilustrasi daun salam (Pixabay.com/kropekk_pl)

Salah satu rempah yang terdapat di Indonesia adalah daun salam. Daun salam mempunyai nama lain syzygium polyanthum, merupakan daun tunggal yang saling berhadapan. Di Indonesia dan beberapa negara Asia lainnya, menjadikan daun salam sebagai rempah pengharum masakan. Baik ketika memasak sayur-sayuran, ikan, daging, maupun nasi. Tidak hanya itu, daun salam ternyata juga mempunyai manfaat sebagai bahan ramuan tradisional, salah satunya adalah asam urat dan stroke.

Berdasarkan sumber buku yang berjudul Tumbuhan Berkhasiat Obat,Prof. Hembing Wijayakusuma berpendapat bahwa rempah, rimpang, umbi, dan pohon salam memiliki berbagai khasiat obat. Di mana hal tersebut dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Pohon salam memiliki kandungan minyak atsiri, flavonoida dan tannin. Kandungan yang terdapat pada akar, kulit dan daunnya dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat.

Berikut lima manfaat daun salam bagi kesehatan.

1. Mengobati asam urat

Daun salam kering mengandung 0,17 minyak essensial, serta komponen penting eugenol dan metil kavikol. Kandungan ini sangat tepat untuk mencegah maupun mengobati penyakit asam urat. Caranya, ambil 10 lembar daun salam. Rebus dengan 700 cc air hingga berkurang menjadi 200 cc. Lalu, minum airnya ketika masih dalam keadaan hangat.

2. Mengobati stroke

Selain untuk mengobati asam urat, daun salam juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit stroke. Caranya tidaklah sulit. Siapkan 10 lembar daun salam serta 50 gram jantung pisang, lalu masak untuk dimakan sesuai selera.

3. Melancarkan peredaran darah

Dalam salam berguna juga untuk melancarkan peredaran darah. Caranya, siapkan 7 lembar daun salam dan 30 gram daun dewa segar untuk direbus dengan 700 cc air. Biarkan hingga air berkurang sampai 350 cc. Lalu, saring ramuan itu, kemudian minum sebanyak dua kali dalam sehari.

4. Mengatasi asam lambung

Daun salam juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit asam lambung. Caranya, siapkan 30 gram daun salam, 30 gram sambiloto kering, dan gula batu. Rebus dengan 600 cc air, biarkan hingga air berkurang menjadi 300 cc. Kemudian minumlah air tersebut, dua kali dalam sehari, serta lakukan dengan teratur.

5. Mengatasi diare

Penyakit diare juga bisa diatasi dengan daun salam. Caranya mudah. Siapkan 7 lembar daun salam dan rebus dengan 200 cc air. Biarkan selama 15 menit, kemudian tambahkan garam secukupnya. Setelah air menjadi dingin, saring airnya untuk diminum.

Inilah lima manfaat daun salam untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak