facebook

5 Manfaat Jahe untuk Kesehatan, Mampu Atasi Mual dan Batuk

Rozi Rista Aga Zidna
5 Manfaat Jahe untuk Kesehatan, Mampu Atasi Mual dan Batuk
Ilustrasi jahe (Pixabay.com/congerdesign)

Jahe atau zingiber officinale, dikenal sebagai bumbu penyedap makanan dan rempah-rempah. Tanaman rimpang ini mudah tumbuh di tanah yang beriklim tropis. Sangat mudah untuk mengenali tanaman jahe. Akarnya berbentuk rimpang dengan akar daging berwarna kuning dan berbau menyengat. Rimpangnya bercabang-cabang seperti jemari, dengan ruas menggembung di tengah dan tangkai daun berbulu halus.

Berdasarkan sumber buku Herbal Ajaib tulisan S. Wibowo, ditemukan lima manfaat jahe untuk kesehatan, yaitu sebagai berikut:

1. Mencegah mual dan muntah

Jahe membantu menginduksi mual dan muntah, karena jahe mengandung zat aktif yang sangat efektif menurunkan metoklopamid. Maka, wedang jahe hangat sangat cepat bereaksi menurunkan mual pada orang yang sedang mabuk perjalanan. Jika Anda sering mabuk saat melakukan perjalanan, ada baiknya jika menyediakan wedang jahe hangat agar perut tidak mual dan terhindar dari muntah.

2. Mengobati batuk

Untuk mengatasi batuk dengan herbal jahe ialah ambil satu rimpang jahe ukuran sedang, lalu dibakar. Tambahkan satu sendok adas dan kayu manis. Tambahkan pula enam buah cengkih dan gula merah secukupnya. Jahe ditumbuk sedikit, lalu direbus bersama bahan-bahan lainnya menggunakan tiga gelas air. Biarkan sampai mendidih hingga air tersisa setengah. Lalu, minumlah tiga kali sehari, masing-masing empat sendok.

3. Mengatasi muntaber (muntah dan berak)

Cara mengonsumsi jahe untuk atasi muntaber, caranya adalah ambil jahe secukupnya. Tambahkan buah pala dan jintan. Tambahkan satu gelas santan. Tambahkan satu sendok minyak kayu putih. Lalu, haluskan dan campurkan hingga merata. Kemudian, gosokkan ke perut sampai merata.

4. Mengobati sakit rematik dan encok

Jahe juga dapat mengobati sakit rematik dan encok. Caranya cukup dengan membakar satu rimpang jahe ukuran sedang. Cuci hingga bersih, lalu parut. Tempelkan hasil parutannya pada bagian yang sakit secara teratur.

5. Mengobati asam urat

Berdasarkan penelitian, jahe merupakan salah satu herbal yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati asam urat. Hal ini, karena jahe mengandung enzim lipase yang berfungsi memecah lemak, serta mengurangi penumpukan lemak pada tubuh manusia. Di mana lemak merupakan salah satu faktor pemicu asam urat.

Inilah lima manfaat jahe untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak