facebook

3 Manfaat Buah Kesemek bagi Ibu Hamil, Bisa Cegah Anemia Lho!

Mericy setianingrum
3 Manfaat Buah Kesemek bagi Ibu Hamil, Bisa Cegah Anemia Lho!
Ilustrasi buah kesemek (Pixabay.com/lhadlock50)

Siapa yang menyangka kalau buah kesemek ini mempunyai banyak manfaat terutama bagi ibu hamil. Meskipun sekarang ini buah ini sudah jarang ditemui, buah kesemek sangat menyehatkan dan mempunyai rasa manis seperti madu. 

Buah kesemek dapat tumbuh tanpa bantuan pupuk kimia alias tumbuh alami. Lebih lanjut, kabar baiknya buah kesemek ini aman dikonsumsi oleh ibu hamil karena tentunya mempunyai nutrisi yang baik untuk kesehatan ibu dan janin.

Pasalnya, di dalam buah kesemek ini mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, kalium, tembaga, folat, magnesium hingga fosfor. Lalu, buah ini juga mengandung beragam senyawa antioksidan seperti tanin, lavonoid, dan karotenoid.

Dirangkum dari Morulaivf.co.id, berikut ini adalah tiga manfaat buah kesemek bagi ibu hamil

1. Jaga Imunitas Tubuh dan Pertumbuhan Janin 

Selama masa kehamilan, ibu hamil biasanya rentan mengalami kelelahan karena perubahan fisik dan hormon. Maka dari itu, ibu hamil perlu menjaga imunitas tubuhnya supaya bayi yang ada dalam kandungan tetap sehat dan salah satunya makan buah kesemek ini. 

Kemudian, buah kesemek juga mempunyai manfaat untuk pertumbuhan janin dalam hal ini adalah otak dan saraf. Kandungan kalsium dan fosfor pada buah kesemek juga dapat menjaga sistem saraf janin dapat berkembang optimal dan sehat.

2. Mencegah Penyakit Anemia

Ibu hamil juga rentan mengalami anemia dimana kondisi ini tentu tidak baik baik ibu dan janin. Apabila dibiarkan terus menerus, anemia pada ibu hamil dapat meningkatkan risiko terjadinya komplikasi yang membahayakan seperti persalinan prematur. 

Untuk mengatasi hal ini, ibu hamil harus mengonsumsi buah kesemek yang mengandung zat besi dan bisa menambah darah. 

3. Cegah Insomnia dan Stres Jelang Persalinan

Menjelang persalinan umumnya ibu hamil akan mudah mengalami stres dan bisa menimbulkan gejala insomnia saat malam hari.

Maka dari itu, ibu hamil harus mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C alias buah kesemek supaya hal tersebut tidak terjadi. Pasalnya, buah kesemek mengandung vitamin C yang tinggi dan dapat menjaga suasana hati ibu hamil tetap normal.

Demikianlah tadi tiga manfaat buah kesemek untuk ibu hamil.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak