facebook

5 Kebiasaan Remeh yang dapat Merusak Kulit Wajah, Yuk Hindari

Belinda Safitri
5 Kebiasaan Remeh yang dapat Merusak Kulit Wajah, Yuk Hindari
ilustrasi kulit wajah rusak (pexels.com/Karolina Grabowska)

Menjaga kesehatan kulit wajah merupakan suatu hal yang sangat penting. Oleh karena itu, tak dapat dipungkiri jika orang-orang rela melakukan sejumlah jenis perawatan hingga memiliki banyak sekali produk kosmetik untuk menunjang perawatan wajahnya.

Kendati demikian, selama ini kebanyakan orang hanya terfokus untuk mencari produk yang dapat membuat kulit wajah sehat. Tak banyak orang yang menyadari bahwa kesehatan kulit wajah tidak hanya ditentukan oleh seberapa banyak produk kecantikan yang digunakan melainkan juga dipengaruhi oleh kebiasaan sehari-hari.

Nyatanya, ada banyak sekali kebiasaan-kebiasaan yang dapat memperburuk kesehatan kulit wajah. Jika kebiasaan tersebut terus dilakukan, maka hal itu tentu akan berpengaruh pada efektivitas dari produk kosmetik yang digunakan. Tentu kamu tak ingin produk yang kamu gunakan tidak berfungsi apapun hanya karena kebiasaan buruk yang masih sering kamu lakukan, bukan?

Terkait hal itu, yuk simak kebiasan remeh yang dapat merusak kulit wajah.

1. Tidak mencuci muka

Mencuci muka merupakan hal yang wajib dilakukan setiap hari. Dikutip dari The Healthy, kulit akan melalui fase perbaikan khususnya pada malam hari dan jika seseorang tidak mencuci muka maka hal itu akan menyumbat pori-pori yang akhirnya menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Hal yang perlu diingat bahwa sekalipun kamu tidak menggunakan riasan wajah, mencuci muka tetap menjadi hal yang tak boleh dilewatkan.

2. Kurang tidur

Tidur kurang dari enam jam pada malam hari dapat mengakibatkan timbulnya sejumlah hal buruk seperti kulit pucat, timbulnya kerutan, dan munculnya lingkaran hitam di bagian mata.

Tak hanya itu, menurut National Sleep Foundation, kebiasaan kurang tidur juga dapat meningkatkan peradangan dan hormon stres hingga memperburuk kondisi kulit.

3. Tidak mengganti sarung bantal

Sarung bantal yang tak diganti secara teratur akan menimbulkan bakteri yang akhirnya merusak kesehatan kulit wajah. 

Oleh karena itu, sebisa mungkin ganti sarung bantal minimal satu kali dalam seminggu. Bahkan, bagi yang sedang mengalami masalah jerawat, maka disarankan untuk jauh lebih sering lagi mengganti sarung bantal.

4. Tidak memakai pelembab

Masih banyak yang salah kaprah bahwa pelembab hanya digunakan untuk orang yang memiliki kulit kering. 

Nyatanya, pelembab menjadi salah satu hal dasar yang wajib digunakan setiap hari karena sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Adapun jika kamu memiliki kulit berminyak, maka kamu hanya perlu menyesuaikan dan mencari saja jenis pelembab yang tepat.

5. Membersihkan kulit secara berlebihan

Mencuci muka memang menjadi hal yang wajib dilakukan, tapi bukan berarti kamu melakukan hal itu secara berlebihan.

Jangan pernah berpikir bahwa semakin sering kamu mencuci muka, maka kulit wajahmu akan semakin bersih.

Sebab pada kenyataannya terlalu berlebihan dalam membersihkan kulit wajah justru akan merusak kelembapan dan lapisan pelindung kulit. 

Oleh karena itu, lakukan pembersihan wajah secara wajar dalam hal ini maksimal 2 kali saja dalam sehari yaitu pada pagi dan malam hari.

Itulah 5 kebiasaan remeh yang dapat merusak kulit wajah. Yuk, mulai sekarang hindari hal-hal tersebut, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak