facebook

4 Efek Samping Buah Duku bila Dikonsumsi Berlebihan, Bisa Bikin Berat Badan Naik

Mericy setianingrum
4 Efek Samping Buah Duku bila Dikonsumsi Berlebihan, Bisa Bikin Berat Badan Naik
Ilustrasi buah duku (Pixabay.com/mochawalk)

Siapa yang tidak mengenal buah duku yang terkenal dengan rasa manis sedikit asam dan menyegarkan warna kulitnya agak putih kecokelatan. Buah duku ini memang banyak ditemukan di negara-negara Asia Tenggara dan mempunyai kandungan nutrisi yang baik.  Pasalnya, dalam buah duku ini mengandung beberapa zat seperti protein, karbohidrat, kalsium, kalium dan vitamin. 

Kandungan kalium di dalam buah duku diklaim dapat mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Sedangkan vitamin baik dalam metabolisme tubuh kita. Walaupun mempunyai kandungan nutrisi, namun buah duku tidak boleh dikonsumsi berlebihan karena mempunyai efek samping bagi kesehatan

Berikut ini adalah empat efek samping buah duku bagi kesehatan tubuh apabila dikonsumsi berlebihan seperti dirangkum dari klikdokter.com.

1. Bisa menimbulkan berat badan naik

Dalam 100 gram buah duku ini mengandung 9,5 gram karbohidrat dan ini artinya buah ini mempunyai kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Terlalu banyak mengonsumsi makanan berkabohidrat ini juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Jadi, kalau ada yang sedang menjalani diet jangan mencoba berani makan buah duku ini karena bisa membuat berat badan naik lho.

2. Dapat picu sakit maag 

Terlalu banyak makan buah duku juga dapat memicu sakit maag lho. Pasalnya, buah duku ini mengandung gas dan susah dicerna oleh lambung.  Maka dari itu, apabila terlalu banyak mengonsumsi duku lambung akan bekerja lebih keras dan timbullah sakit maag. 

3. Menimbulakan risiko diabetes

Dalam buah duku rupanya mengandung fruktosa yang cukup tinggi. Fruktosa adalah jenis gula yang paling sederhana dan biasanya ditemukan di dalam buah-buahan. Oleh sebab itu, bahaya mengonsumsi buah duku yang terlalu banyak adalah bisa menyebabkan risiko diabetes hingga obesitas. 

4. Kelebihan kalium

Apabila makan buah duku terlalu banyak bisa menyebabkan kelebihan kalium. Kemudian pada saat tubuh kekurangan kalium hal ini juga tidak baik pada kesehatan tubuh. Akan tetapi sebaliknya, kelebihan kalium juga tidak baik untuk tubuh terutama memengaruhi irama jantung. 

Demikian 4 efek samping buah duku bagi kesehatan tubuh apabila dikonsumsi berlebihan. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak