facebook

4 Manfaat Daun Beluntas bagi Pengobatan Tubuh, Cepat Menyembuhkan Luka

Mericy setianingrum
4 Manfaat Daun Beluntas bagi Pengobatan Tubuh, Cepat Menyembuhkan Luka
Ilustrasi daun beluntas (freepik.com)

Mungkin di luar sana banyak yang merasa asing dengan daun beluntas atau mempunyai nama latin Pluchea Indica Less. Namun ternyata daun beluntas ini adalah tanaman yang biasa digunakan sebagai lalapan atau obat tradisional.  Bahkan tanaman beluntas bisa diolah tidak hanya daun, namun pucuk dan bunganya. Lalu daunnya pun dapat dimakan mentah atau matang. 

Pada daun beluntas mempunyai beberapa sifat yakni antiinflamasi, antibakteri, antiulkus dan antituberkulosis di dalamnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat daun beluntas juga ditunjang beberapa zat atau senyawa aktif seperti kalsium, magnesium dan natrium di dalamnya. 

Dirangkum dari halodoc, berikut ini adalah 4 manfaat daun beluntas bagi kesehatan tubuh. 

1. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat (LDL)

Daun beluntas dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Hal ini sehingga dapat mengurangi dampak penyakit kardiovaskular, termasuk hipertensi, penyakit jantung, dan stroke akan menurun. Namun ada baiknya selain mengonsumsi daun beluntas, kita juga harus menerapkan pola hidup sehat seperti berolahraga dan berhenti merokok. 

2. Menurunkan Risiko Kanker

Daun beluntas yang diolah menjadi ekstrak ini mempunyai sifat antikanker. Dengan ini daun beluntas dapat mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, seperti kanker serviks. Meskipun masih perlu penelitian lebih lanjut guna mengetahui efektivitas daun beluntas untuk pengobatan penyakit kanker. 

3. Jaga Gula Darah dalam Tubuh

Manfaat daun beluntas berikutnya adalah dapat mengontrol gula darah dalam tubuh. Adanya zat baik dalam daun beluntas dinilai dapat menurunkan kadar gula darah, dan menjaganya tetap dalam batas normal.  Kemudian, daun beluntas juga diklaim dapat menghambat pemecahan dan penyerapan gula dalam usus, serta meningkatkan produksi dan fungsi hormon insulin dalam tubuh.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Apabila mengalami luka seperti disebabkan oleh tusukan, gigitan hewan, atau benda tajam. Agar tidak terjadi kerusakan lebih lanjut, maka tubuh mengeluarkan mekanisme penutupan luka yang disebut dengan inflamasi. Dengan menggunakan ekstrak daun beluntas dipercaya mampu mempercepat proses penyembuhan.

Pasalnya daun beluntas mempunyai beberapa senyawa atau kandungan seperti saponin, tanin, dan terpenoid di dalamnya yang berperan sebagai antiinflamasi, dan antibakteri.

Demikianlah empat manfaat daun beluntas untuk pengobatan tubuh. Semoga bermanfaat. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak