facebook

3 Beragam Khasiat Buah Ceri bagi Kesehatan Kulit, Bisa Atasi Penuaan!

Mericy setianingrum
3 Beragam Khasiat Buah Ceri bagi Kesehatan Kulit, Bisa Atasi Penuaan!
Ilustrasi buah ceri (Pixabay.com/ stux)

Siapa yang tidak menyukai buah ceri yang mempunyai cita rasa manis, sedikit asam dan berwarna merah ini. Biasanya buah ceri ini dapat dikonsumsi mentah, dibuat jus dan menjadi hiasan di kue. Dalam buah ceri ini mempunyai banyak kandungan nutrisi yakni seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin E serta potasium bagi kesehatan kulit   

Kemudian kandungan  polifenol dan vitamin C dalam buah ceri cukup besar, sehingga berpotensi sebagai antioksidan dan antiperadangan dan bermanfaat bagi kesehatan kulit. Dirangkum dari klikdokter.com, berikut tiga khasiat buah ceri untuk kesehatan kulit. 

1. Anti Penuaan 

Ceri adalah buah yang kaya antioksidan dan sumber utama antioksidan buah ceri berasal dari anthocyanin. Zat antioksidan ini diketahui dapat melawan radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan kulit.

Seperti yang kita ketahui bahwa radikal bebas dapat membuat kulit tampak terlihat kusam dan mempercepat timbulnya tanda penuaan seperti garis halus atau keriput. 

Selain itu, adanya kandungan vitamin E di dalam buah ceri ini juga berperan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari stres oksidatif. 

2. Mengatasi Peradangan Kulit 

Antioksidan yang terdapat dalam buah ceri juga berperan sebagai antiinflamasi atau antiperadangan. Peradangan dapat ditandai dengan kondisi kulit gatal,  kemerahan, dan kering. Selain itu, peradangan juga dapat menyebabkan degradasi serat elastis dan kolagen sehingga menyebabkan penuaan pada kulit. 

Dengan menngonsumsi buah ceri yang kaya antioksidan ini dapat membantu kulit terhindar dari radikal bebas dan bantu mengatasi peradangan. 

3. Mencerahkan Kulit 

Buah ceri juga dipercaya berkhasiat untuk mencerahkan kulit. Pasalnya, vitamin C yang ada di dalam buah ceri dapat membantu pembentukan kolagen yang sehat. Kolagen bekerja dengan meningkatkan kekenyalan kulit dan membantu kulit tampak lebih bercahaya.

Selain itu, vitamin C juga dapat membuat kulit wajah cerah dengan cara menghambat jumlah melanin yang dihasilkan pada sel-sel pigmen kulit. 

Apabila vitamin C dioleskan ke kulit maka akan berinteraksi dengan tirosinase, dengan begitu maka, olesan vitamin C ini dapat mengurangi pigmentasi di kulit. 

Nah itulah tadi tiga khasiat buah ceri bagi kesehatan kulit. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak