3 Makanan Sehat yang Dapat Mencegah Rambut Rontok

Mericy setianingrum
3 Makanan Sehat yang Dapat Mencegah Rambut Rontok
Ilustrasi buah-buahan (Pixabay.com/Romanov)

Mengalami rambut rontok pasti akan terasa sangat menyebalkan bagi sebagian orang, terlebih lagi bisa menyebabkan kebotakan. Cara mencegah rambut rontok bisa diatasi dengan gaya hidup yang sehat dan salah satunya adalah dengan menyantap makanan sehat untuk rambut rontok yakni di antaranya protein, asam lemak omega-3, dan berbagai macam vitamin.

Selain itu, makanan yang kamu konsumsi juga ternyata dapat berpengaruh terhadap atau menjadi penyebab rambut rontok. Maka dari itu wajib mengonsumsi makanan sehat guna mencegah terjadinya kerontokan rambut sebagaimana dirangkum dari dove.com berikut ini: 

1. Telur

Dengan mengonsumsi telur hal ini bisa mengatasi rambut rontok karena mengandung protein, biotin (vitamin B7), dan vitamin D yang membantu menguatkan struktur keratin pada rambut dan kuku. Dalam penelitian oleh International Journal of Trichology, terdapat 36 persen wanita yang kekurangan biotin dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Apabila tidak mengalami alergi terhadap telur, kamu bisa memasukkan telur ke dalam menu sehat agar rambut kuat dan tidak mudah rontok.  

 2.  Sayuran Hijau 

Semua sayuran berdaun hijau seperti bayam, brokoli, seledri atau daun bawang diketahui mengandung sumber zat besi. Oleh karena itu, masukkan jenis sayuran hijau ini ke dalam makananmu setiap harinya agar rambut sehat dan bebas dari rontok. Apalagi, zat besi adalah salah satu mikronutrien penting dalam proses pertumbuhan rambut dan apabila kadar zat besi dalam tubuh kurang maka dapat mengakibatkan kadar feritin menurun sehingga rambut rentan mengalami kerontokan.

3. Jambu biji 

Dalam jambu biji ini mengandung vitamin C yang tinggi dan kamu bisa mendapatkan buah ini dimana saja dengan harga terjangkau. Kemudian kadar vitamin C dalam buah jambu biji bisa menjadi sumber kolagen yang berfungsi dalam menguatkan rambut, menjaga elastisitas setiap helaian, dan juga dapat memperbaiki tekstur rambut.  

Selain itu, vitamin C pada jambu biji akan mengaktifkan folikel sehingga merangsang tumbuhnya rambut-rambut baru dan juga menyehatkan kulit kepala secara alami.  

Demikianlah tiga jenis makanan sehat yang dapat mencegah rambut rontok. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak