7 Hal yang Wajib Dihindari oleh Penderita Asam Lambung, Jangan Asal Makan!

Richa Apriyanto
7 Hal yang Wajib Dihindari oleh Penderita Asam Lambung, Jangan Asal Makan!
Ilustrasi penderita asam lambung (pexels.com)

Penyakit asam lambung atau gerd terjadi karena adanya peningkatan kandungan asam dalam lambung. Terasa seperti masalah sepele, namun saat asam pada lambung meningkat akan terasa begitu sakit dan tentunya akan mengganggu aktifitas sehari-hari.

Belum lagi jika nanti kambuh dan harus dibawa kerumah sakit. Tentu saja kita tidak mau hal seperti itu terjadi pada kita sendiri atau keluarga kita, bukan?

Saya sendiri juga merupakan salah satu penderita asam lambung. Karena waktu itu saya kambuh dan selalu mual saat makan, saya memutuskan untuk periksa ke dokter spesialis. Dokter mengatakan bahwa penderita asam lambung harus menghindari beberapa hal berikut.

1. Kopi

Kopi adalah minuman yang harus dihindari oleh penderita asam lambung, dalam kopi terkandung asam yang cukup tinggi. Oleh karena itu, minum kopi cukup berbahaya bagi penderita asam lambung.

2. Susu full cream

Mungkin ada beberapa diantara kalian yang belum mengetahui bahwa minum susu dapat meningkatkan risiko naiknya asam lambung. Tapi tidak semua susu dilarang untuk penderita asam lambung, hanya susu full cream saja yang tidak boleh dikonsumsi penderita gerd.

3. Teh yang tidak segar

Apakah kalian suka membeli esteh di warung makan? Jika iya, maka kalian perlu waspada. Penderita gerd tidak diperbolehkan untuk meminum teh yang sudah tidak fresh. Jika kalian membeli teh di warung makan, kalian tidak akan tahu apakah itu teh yang baru saja dibuat, atau teh tadi pagi, atau bahkan teh kemarin.

4. Buah-buahan yang asam

Jenis-jenis buah yanga amat dilarang adalah nanas, sirsak, dan nangka. Akan tetapi kalian bisa memilah sendiri buah apa yang seharusnya kalian hindari. Jika buah itu terasa asam, lebih baik tidak usah dimakan.

5. Pedas

Masakan-masakan pedas dan jajanan yang mengandung rasa pedas juga patut diwaspadai. Jika tak terlalu pedas tidak apa-apa, tapi jika cukup pedas maka lambung penderita gerd akan langsung bereaksi.

BACA JUGA: CEK FAKTA: Beredar Video Penghina Iriana Jokowi Sudah Ditangkap, Benarkah?

6. Jangan telat makan

Hal yang harus dihindari adalah telat makan. Penderita gerd akan cukup sensitif perutnya. jika terlambat untuk makan sampai perut keroncongan, siap-siap saja untuk kambuh.

7. Hindari stres berlebihan

Stres berlebih memang selalu memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Begitu juga dengan penderita gerd, pada saat stres berlebihan asam lambung juga akan ikut naik.

Itulah 7 hal yang harus yang dihindari bagi penderita asam lambung. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi, lebih baik kita hindari makanan dan minuman yang sekiranya tidak baik untuk lambung kita, agar penyakit asam lambung tidak kambuh.

Video yang Mungkin Anda Suka.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak