4 Manfaat Kaldu Jamur Bubuk, Bisa Meningkatkan Energi

Zakiy Marenda
4 Manfaat Kaldu Jamur Bubuk, Bisa Meningkatkan Energi
ilustrasi jamur.[Pexels/Emma Jones]

Kaldu jamur atau biasa disebut dengan mushroom seasoning dikenal sebagai penyedap rasa yang tidak kalah lezatnya dengan Monosodium Glutamat (MSG). Kaldu jamur bubuk dapat dijadikan sebagai alternatif penyedap rasa dalam berbagai hidangan masakan.

Sebagai penyedap alternatif, kaldu jamur dianggap lebih aman dibandingkan dengan MSG yang dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. Walaupun efek buruk dari MSG sendiri masih menjadi bahan perdebatan di dunia masakan. Selain lebih aman, ternyata penyedap rasa yang satu ini juga memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, lho. 

Merangkum dari hellosehat, klikdokter dan sehatQ, berikut ini ada beberapa manfaat dari kaldu jamur:

1. Membantu perkembangan dan pemulihan otot

Terdapat sekitar 2 gram protein di dalam 1 sendok makan kaldu. Hal ini tentu bisa memenuhi sekitar 8 persen kebutuhan protein harian kamu. Selain itu, terdapat 9 jenis asam amino esensial didalam kaldu jamur. Tubuh kamu pada umumnya membutuhkan nutrisi ini dari asupan makanan sehari-hari.

BACA JUGA: Boy William Pindah Agama Demi Ayu Ting Ting? Ini Ungkapan Boy Soal Beda Agama dalam Hubungan

Kedua nutrisi penting yang ada didalam kaldu jamur bermanfaat dalam perkembangan dan juga pemulihan otot, terutama bagi kamu yang mengimbanginya dengan olahraga rutin.

2. Meningkatkan energi

Siapa yang menyangka ternyata kegunaan kaldu jamur bubuk juga bisa membantu untuk meningkatkan energi dalam tubuh. Beberapa produsen kaldu jamur menambahkan vitamin B12 didalamnya untuk membantu meningkatkan energi.

Umumnya orang dewasa membutuhkan asupan vitamin B12 sebanyak 2,4 mikrogram per harinya. Tubuh akan terasa lemas dan juga mudah lelah jika kekurangan vitamin B12. 

3. Memerangi radikal bebas

Paparan radikal bebas berpotensi menimbulkan adanya kerusakan pada sel tubuh. Antioksidan bisa membantu untuk melawan adanya kerusakan ini dengan mengikat radikal bebas.

BACA JUGA: Tutupi Isu Perceraian, Syahrini Posting Foto-Foto Kemesraan, Netizen Malah Salfok dengan Sosok Perempuan Ini

Kaldu jamur merupakan salah satu makanan yang tinggi akan antioksidan, seperti glutathione dan juga selenomethionine, yang mampu untuk mencegah kerusakan serta membantu tubuh untuk menghilangkan racun

4. Menurunkan kadar kolesterol

Selain itu, beta-glukan yang terdapat pada kaldu jamur juga memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam aliran darah kamu.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada partisipan laki-laki dengan kolesterol tinggi yang mendapatkan asupan 15 gram beta-glukan dari ragi setiap hari selama 8 minggu berturut-turut, terbukti mampu menurunkan total kolesterol hingga 6 persen, lho.

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi tentu tidak baik untuk kesehatan. Beberapa komplikasi kolesterol tinggi bisa saja menyebabkan stroke dan juga penyakit jantung.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat yang bisa kamu m dapatkan dengan mengonsumsi kaldu jamur. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Video yang mungkin kamu lewatkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak