5 Manfaat Buah Pala untuk Kesehatan Tubuh, Baik bagi Mulut!

Mericy setianingrum
5 Manfaat Buah Pala untuk Kesehatan Tubuh, Baik bagi Mulut!
Ilustrasi buah pala (Pixabay.com/scym)

Mungkin beberapa orang menggunakan buah pala ini sebagai rempah-rempah yang digunakan dalam berbagai aneka masakan. Kemudian, buah pala diketahui juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Dalam 100 gram buah pala ini terdapat 525 kalori, lemak total, protein, sodium dan kandungan nutrisi lainnya seperti zat besi, kalsium, vitamin A, dan vitamin C. Seperti dirangkum dari hellosehat, berikut ini adalah manfaat buah pala untuk kesehatan tubuh

1. Bisa mengurangi rasa sakit

Komponen buah pala ini hampir mirip dengan mentol yang bisa menghilangkan rasa sakit secara alami. Maka dari itu, apabila menambahkan buah pala ini ke dalam masakan maka bisa mengurangi rasa sakit akibat luka, ketegangan, dan peradangan kronis atau arthritis.

2. Mengatasi masalah pencernaan

Adanya serat dalam buah pala ini mampu merangsang proses pencernaan dengan cara mendorong otot polos pada usus atau gerakan  peristaltik

BACA JUGA: Ramai Penolakan, Lika-Liku Perjalanan Panjang RKUHP hingga Kini Sah Jadi Undang-Undang

Kemudian, juga bisa merangsang sekresi pada cairan lambung usus dan juga bisa membantu masalah pencernaan seperti diare,sembelit, dan perut kembung.

3. Baik untuk kesehatan mulut

Adanya sifat antibakteri pada buah pala ini bisa membersihkan bakteri yang menyebabkan bau mulut atau halitosis. Tidak hanya itu, buah pala juga bisa meningkatkan kekebalan gusi dan gigi sehingga terhindar dari sakit gigi. Maka tak heran apabila buah pala kerap digunakan sebagai bahan dalam pasta gugi atau obat kumur herbal. 

4. Mengobati insomnia

Dalam buah pala mengandung magnesium yang tinggi di mana mineral ini penting bagi tubuh guna mengurangi ketegangan saraf hingga merangsang pelepasan hormon serotonin

Di mana serotonin ini bisa berubah menjadi melatonin di otak yang menjadi pendorong tidur dan mampu menghilangkan insomnia atau kegelisahan dalam malam hari. 

5. Bisa merawat kulit

Manfaat buah pala ini diketahui bisa mengurangi peradangan dan iritasi pada kulit, meningkatkan kelembapan kulit, dan juga mampu mengurangi bekas jerawat, cacar hingga bisul.

Biasanya buah pala ini dijadikan obat herbal tradisional atau bisa juga langsung diaplikasikan pada kulit dengan dicampur oleh air atau madu. 

Demikianlah tadi beberapa manfaat buah pala bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat. 

Video yang Mungkin Anda Suka.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak