5 Manfaat Mengonsumsi Infused Water Lemon bagi Tubuh, Bisa Menurunkan Berat Badan

Riztya Rahma Andhita
5 Manfaat Mengonsumsi Infused Water Lemon bagi Tubuh, Bisa Menurunkan Berat Badan
Ilustrasi air lemon (Pexels.com/Breakingpic)

Lemon merupakan salah satu dari banyaknya varian buah jeruk. Lemon banyak digemari karena rasanya yang segar dan sangat cocok untuk berbagai resep makanan. Lemon juga sering dijadikan minuman salah satunya infused water

Mengutip dari Healthline, Infused water merupakan air yang dicampur dengan buah-buahan segar, sayuran, dan rempah-rempah. Infused water ini bertujuan supaya air yang diminum dapat bervariasi rasanya dan membuat kamu yang tidak menyukai rasa air yang tawar dan hambar menjadi lebih rajin meminum air. Air lemon hangat merupakan salah satu bagian dari infused water.

Air lemon hangat adalah air hangat yang dicampur dengan irisan atau perasan buah lemon, kemudian dikonsumsi pada waktu pagi hari atau malam hari. Rasanya yang asam membuat kamu yang meminumnya merasakan sensasi yang segar. Buah lemon banyak mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh kamu salah satunya yaitu protein dan kalsium. Mengonsumsi infused water lemon memiliki banyak manfaat bagi tubuh, yaitu:

1. Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat dari infused water lemon yang paling sering dibicarakan yaitu dapat menurunkan berat badan. Buah lemon merupakan buah yang rendah kalori dan juga lemak, sehingga baik dikonsumsi untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. Kandungan pektin yang terdapat dalam lemon dipercaya dapat menurunkan berat badan.

BACA JUGA: Sempat Dicap Kurus dan Menua, Penampilan Alyssa Soebandono Sekarang Jadi Sorotan

Pektin merupakan jenis serat yang dapat memberikan rasa kenyang untuk jangka waktu yang lama. Selain itu, lemon juga dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh kamu. Cairan tubuh yang terpenuhi dapat menekan nafsu makan sehingga rasa lapar tidak cepat datang. Merangkum dari NDTV (30/3/2021), Infused Water Lemon baik dikonsumsi bagi kamu yang sedang menjalani diet. Meminum Infused Water Lemon secara rutin efektif dalam menurunkan berat badan kamu.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah Lemon memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dibandingkan dengan variasi jeruk lainnya. Untuk kamu yang ingin memiliki kulit yang baik dan sehat maka mengonsumsi infused water lemon bisa menjadi salah satu solusinya. Dilansir dari jurnal Nutrients, vitamin C yang terkandung dalam buah lemon bermanfaat menjaga kelembapan kulit, membersihkan sel-sel kulit mati, membuat kulit terlihat lebih segar, bahkan mengurangi tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan garis halus.

3. Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh

Sistem metabolisme tubuh membuang banyak zat racun. Peran vitamin C pada buah lemon dapat menetralkan racun pada tubuh sehigga sistem metabolisme dapat bekerja secara optimal. Lemon yang dicampur dengan air hangat cukup ampuh untuk meningkatkan sistem metabolisme. 

4. Mencegah Terkena Penyakit Batu Ginjal

Salah satu kandungan dalam buah lemon yaitu asam sitrat dapat mencegah terkena batu ginjal. Asam sitrat dianggap dapat membuat urine menjadi kurang asam. Dengan asam sitrat inilah dapat memecah batu-batu kecil awal mula sebelum terjadi batu ginjal.

BACA JUGA: Sah? Rian Ibram Beri Cincin ke Dewi Perssik, Netizen: Mereka Punya Mulut yang Sama

Air yang dicampur dengan buah-buahan akan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. "Manfaat ini menjadi cara yang tepat untuk menghidrasi tubuh tanpa kelebihan gula dan kalori," ungkap Dr. Robert Parker dari Parker Health Solutions. Jika kamu rutin dalam meminum air lemon maka bisa menghindari tubuh dari kurangnya asupan cairan yang bisa menjadi penyebab awal munculnya batu ginjal. 

5. Melancarkan Pencernaan

Kandungan dalam air lemon yaitu asam sitrat yang memiliki peran dalam membatu melancarkan proses pencernaan. Kandungan yang terdapat dalam buah lemon membantu mengurangi gejala pencernaan yang sering kamu rasakan seperti mulas, kembung, bersendawa, sembelit, dan diare. "Kombinasi buah yang berbeda dalam infused water membantu kesehatan pencernaan," ujar Dr. Arturo Olivera, ahli gastroenterologi di Advocate Illinois Masonic Medical Center, Chicago. 

Lalu, kapan waktu terbaik dalam mengonsumsi infused water lemon?

1. Pagi Hari

Manfaat mengonsumsi air lemon pada pagi hari, yaitu:

  • Mencegah mulut kering
  • Merangsang produksi air liur
  • Menghambat pertumbuhan bakteri
  • Menyegarkan napas
  • Mencegah bau mulut

2. Malam Hari

Manfaat mengonsumsi air lemon pada malam hari, yaitu:

  • Mengurangi gejala pilek
  • Meningkatkan sirkulasi darah
  • Membantu membuang racun pada tubuh
  • Menjaga tubuh tetap terhidrasi
  • Meningkatkan produksi keringat

Jadi, untuk mengonsumsi infused water lemon tidak ada waktu tertentu. Pada pagi hari ataupun malam hari memiliki manfaatnya masing-masing. Kamu dapat mengonsumsinya kapan saja sesuai dengan kondisi tubuh. Jika ingin aman, jangan lupa untuk makan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi infused water lemon. Mari kita sama-sama menjaga kesehatan dengan cara makan dan minum secara teratur. Jangan lupa dengan menu yang mengandung gizi, nutrisi, serta serat yang baik untuk tubuh

Video yang mungkin kamu lewatkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak