alexametrics

Pentingnya Security Cyber Pada Lingkungan Financial Teknologi

Fitria Wasilatu
Pentingnya Security Cyber Pada Lingkungan Financial Teknologi
Ilustrasi keamanan komputer (Shutterstock).

Serangan cyber merupakan fenomena dengan tingkat perkembangan yang mengikuti pertumbuhan dan perkembangan teknologi. Kemampuan dari serangan cyber berorientasi terhadap tiga hal, yaitu manipulasi data, pencurian data, dan menghilangkan aksesibilitas dari suatu sistem dalam rangka pengguna lainnya tidak mengakses sistem tersebut.

Ketika industri terus berkembang dan memanfaatkan peningkatan daya komputasi yang tersedia bagi konsumen melalui telepon pintar dan laptop, spesialis keamanan dunia maya meninjau kembali model keamanan konvensional. Keamanan di organisasi perlu dirancang ulang dengan mempertimbangkan tren ini, karena ada implikasi untuk fintech serta industri dan produsen perangkat lainnya.

Dari sudut pandang konsumen, keamanan adalah bagian integral dari solusi fintech, yang menjadi tanggung jawab penyedia. Ke depan, keamanan dan privasi data akan memainkan peran kunci dalam memenangkan kepercayaan konsumen dan mengkatalisasi adopsi fintech.

Cyber security ini pun sangat berguna untuk banyak orang, karena data-data yang penting dan rahasia dapat dijaga kerahasiaan data tersebut. Tidak hanya itu, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah salah satunya dengan cyber security ini dalam menanggulangi terjadinya pencurian data oleh cyber crime dan pemerintah juga bahkan membuat undang-undang tentang tindak pidana cyber crime.

Pada era saat ini ketika industri terus berkembang dan memanfaatkan peningkatan daya komputasi yang tersedia bagi manusia melalui gadget dan teknologi, para hacker keamanan dunia maya meninjau kembali model keamanan konvensional. Maka kita harus lebih waspada dan teliti dalam segala hal, dan termasuk membuat keamanan-keamanan yang tidak mudah dibobol atau double protect.

Hal lain yang perlu diterapkan dalam rangka meningkatkan performa perusahaan dalam memitigasi dan mereduksi dampak yang disebabkan serangan cyber, serta dalam melakukan pendataan atau dokumentasi yang dapat mempermudah perusahaan dalam menganalisa insiden atau risiko yang berorientasi terhadap keamanan informasi dan teknologi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak