facebook

Menilik Optimisme Universitas Aisyiyah Yogyakarta dalam Menghadapi Pandemi Covid-19

Devita Maheswari Puspitarani
Menilik Optimisme Universitas Aisyiyah Yogyakarta dalam Menghadapi Pandemi Covid-19
Perpaduan Perkuliahan Daring dan Luring (DocPribadi/Devitamaheswari)

Pandemi covid-19 mulai mereda pada pertengahan tahun 2021 lalu. Ini menjadikan UNISA Yogyakarta berani mengambil tindakan perkuliahan hybrid. Perkuliahan hybrid sendiri adalah metode kuliah dengan perpaduan media online dan tatap muka. Tidak dipungkiri, kegiatan tatap muka sudah sangat dirindukan oleh para mahasiswa. Berbagai kegiatan bahkan kelas setiap mata kuliah menjadi lebih jelas dan mudah tersampaikan melalui perkuliahan tatap muka. 

Perkuliahan hybrid ini sebenarnya sudah mulai diterapkan oleh beberapa kampus di Indonesia. Salah satunya adah kampus UNISA Yogayakarta. Di sini perkuliahan dilakukan dengan sistem yang dipadukan antara daring dan luring. Apasih sistem daring dan luring itu? Daring artinya dalam jaringan yang berarti online. Sedangkan luring adalah antonimnya, atau luar jaringan yang berarti pembelajaran dilakukan secara langsung tanpa media online perantaranya. 

Siapa sih yang tidak rindu dengan suasana kelas saat pembelajaran, rasa serunya berkegiatan dengan berbagai organisasi, maupun bahagianya bertemu dengan teman-teman.

Dengan segala protokol kesehatan dan berbagai pertimbangan yang ada, UNISA Yogyakarta melangsungkan perkuliahan tatap muka kepada beberapa mahasiswa semester 3 ke atas. Namun, pada kegiatan yang akan menimbulkan kerumunan seperti Masa Ta’aruf mahasiswa baru, masih melalui media online. 

Saya sebagai mahasiswa baru UNISA Yogyakarta merasa sangat semangat untuk menghadapi kuliah hybrid ini. Masa Ta’aruf yang kami sebut MATAF itu saja sudah sangat seru saat dilaksanakan dengan media online ,bagaimana lagi kalau dilaksanakan secara offline, pasti sangat menyenangkan. Namun, tidak bisa disesali karena tidak mungkin melakukan MATAF lagi. Jadi di sini saya menanti perkuliahan hybrid diterapkan untuk mahasiswa baru seperti saya. 

MATAF online ini dilaksakan menggunakan media Whatsapp dan Zoom Meet. Di sana kami selaku mahasiswa baru mendapatkan banyak materi yang membantu mengembangkan sosial skill, serta perkenalan dengan teman-teman. Kami dibagi beberapa kelompok sehingga penyampaian lebih efektif dan tertata. Kemudian kami juga diberi berbagi tugas yang seru dan tidak membebankan. 

Kemudian masuk kepada perkuliahan pembelajaran. Sistem perkuliahan online yang digunakan oleh UNISA Yogyakarta adalah web yang diberi nama LENSA UNISA. Di dalam web tersebut, mahasiswa dapat mendapatkan materi serta juga dapat melakukan interaksi di dalam forum diskusi. LENSA UNISA sendiri sudah digunakan sejak awal kegiatan online berlangsung. Selain itu, UNISA Yogyakarta juga menggunakan whatsapp sebagai media penghubungnya dan zoom meet sebagai media tatap muka online. 

Aplikasi yang digunakan cukup efektif pada beberapa online seperti saat ini. Namun, tidak dipungkiri bahwa beberapa kegiatan praktik cukup terganggu. Oleh karena itu, dengan dicetuskannya kuliah hybrid ini menjadikan praktek lebih efektif meskipun pelaksanan tatap muka ini tidak berlangsung terlalu intensif, guna tetap menjaga kesehatan mahasiswanya. Penerapan protokol kesehatan yang ketat merupakan bentuk ikhtiar UNISA Yogyakarta dalam menghadapi pandemi. Dilaksanakannya perkuliahan hybrid ini adalah bentuk dari ikhtiar UNISA Yogyakarta kepada pendidikan mahasiswanya. 

Sikap optimis serta berbagai fasilitas yang kami dapatkan dari Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta menjadikan kami para mahasiswa menjadi lebih mampu bangkit dari segala kerisauan yang ada. Wujud dari sikap optimis yang diberikan mampu memberikan semangat supaya lebih menjaga imun kesehatan dan juga menjaga diri kami sendiri untuk selalu sehat agar dapat melaksanakan pekuliahan ini dengan maksimal.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak