facebook

3 Hal yang Wajib Diketahui Saat Baru Punya KTP! Kamu Bukan Anak Kecil Lagi

Sofina Sehan
3 Hal yang Wajib Diketahui Saat Baru Punya KTP! Kamu Bukan Anak Kecil Lagi
Ilustrasi KTP

Saat kita lahir di dunia ini, Tuhan sudah menitipkan kita kepada orang tua yang senantiasa menjaga dan merawat kita dengan tulus. Kita pun mulai beranjak balita dan beberapa tahun kemudian kita di daftarkan untuk masuk sekolah dasar. Di sekolah dasar kita pun belajar cara membaca, menulis dan berhitung.

Saat 6 tahun sudah usai kita lewati, kita pun di daftarkan ke sekolah SMP oleh orang tua kita dan setelah lulus di SMP, orang tua kita pun akan selalu membantu kita. Namun, akan ada banyak hal yang perlu kita ketahui saat kita sudah memiliki KTP atau baru akan membuatnya.

Berikut ini ada 3 hal penting yang wajib untuk diketahui saat baru punya KTP:

1. Kita Bukan Lagi Seorang Anak Kecil

Saat kita baru punya KTP, itu artinya kita sudah dewasa dan harus bisa hidup mandiri. Jika saat sebelum punya KTP kita selalu mengandalkan orang tua kita, ketika sudah punya KTP kita harus bisa hidup mandiri dan menyelasaikan masalah-masalah yang kita punya. Hidup mandiri bukan berarti hidup sendiri tapi kita harus berusaha untuk tidak bentar-bentar orang tua.

2. Harus Patuh pada Hukum dan Peraturan dalam Sebuah Negara

Saat kita kecil dulu, orang tua kita yang bertanggung jawab atas diri kita, namun saat kita sudah punya KTP kita sendirilah yang akan bertanggung jawab atas diri kita. 

Karena KTP adalah identitas diri kita, oleh karena itu kita harus menjaganya dengan baik dan kita juga harus patuh pada peraturan dan hukum serta norma-norma yang berlaku di dalam sebuah negara atau tempat kita tinggal saat ini. Jangan sembarangan dalam bertindak karena sebab dan akibatnya akan menjadi tanggung jawab kita sebagai penduduk resmi di dalam sebuah negara.

3. Memikirkan dan Membangun Masa Depan              

Jika kita sudah punya KTP yang berarti kita sudah dewasa, berarti kita juga harus tahu bahwa masa depan sangat penting untuk kita pikirkan. Tentunya, saat kita sudah punya KTP kita juga harus berusaha mencukupi kebutuhan kita sendiri dan kita juga harus bekerja dan punya penghasilan sendiri yang cukup untuk kebutuhan kita.

Jika belum bisa membahagiakan orang tua kita yang telah baik dalam membimbing kita, setidaknya kita harus bisa mencukupi kebutuhan kita sendiri agar tidak lagi menyusahkan orang tua kita. Jika masih sekolah atau kuliah, carilah pekerjaan sampingan yang bisa kita lakukan tanpa mengabaikan kewajiban utama kita.

Pastikan juga agar kita bisa menyusun strategi untuk mengapai masa depan yang sejahtera dan agar kita bisa membahagiakan orang tua kita masing-masing.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak