alexametrics

Menikmati Keindahan Curug Cikaso, Alami dan Eksostik

shahbaz zafran
Menikmati Keindahan Curug Cikaso, Alami dan Eksostik
Curug Cikaso (Instagram Marina Briliyanti)

Ingin mendapatkan foto Instagram yang keren? Datanglah ke lokasi wisata air terjun atau Curug Cikaso, yang terletak di Desa Ciniti, Cibitung, Sukabumi, Jawa Barat. Berfoto di kawasan ini, Anda akan mendapatkan foto latar yang sangat indah. Air terjun yang tinggi, dengan air berwarna hijau dan pemandangan alam sekitar yang sangat menawan. Bahkan, bila berfoto di lokasi yang tepat, Anda seperti tengah berada di muka bumi yang paling indah.

Saya sekeluarga menyempatkan berkunjung ke Curug Cikaso, membuktikan keindahan alam, air terjun, perbukitan hingga mandi di tengah bebatuan. Air yang jernih, dengan lokasi yang sepi, membuat siapapun akan betah berlama-lama.

Di manakah tepatnya Curug Cikaso ini? Curug setinggi 800 meter ini menjadi bagian dari kawasan Geopark Ciletuh, Sukabumi. Bila Anda dari Pelabuhan Ratu menuju Pantai Ujung Genteng, maka akan melewati kawasan ini. 

Lokasi wisata ini masih dikelola masyarakat. Untuk masuk kawasan, Anda cukup membayar tiket Rp3 ribu untuk satu pengunjung dan tiket mobil masuk Rp27 ribu. 

Dari lokasi parkir kendaraan, akan ada dua pilihan jalur. Jalur trekking atau menggunakan perahu melalui sungai. Bila tidak ingin keluar biaya lagi, bisa jalan kaki sekitar 500 meter dari lokasi parkir. Pilihan lain naik perahu sambil menikmati pemandangan alam, tebing, bukit dengan membayar sekitar Rp65 ribu.

Karena sudah jauh, lebih baik naik perahu untuk mendapatkan sensasi berbeda. Hanya butuh waktu tujuh sampai sepuluh menit perjalanan dengan perahu. Yang menarik, dalam perjalanan perahu ini akan melewati dua sungai yang berbeda warna air. Saat berlayar di sungai utama yang besar, warna air kecoklatan. Namun saat masuk ke anak sungai, warna air yang tadi coklat berubah menjadi hijau ke biruan sehingga kelihatan sangat jernih.

Turun dari kapan, langsung menjumpai hutan dengan pepohonan tinggi dan jalan berbatu. Sesaat kemudian, sampai di curug, dengan bunyi air bergemuruh. Sungguh pemandangan sangat indah saat tiba di lokasi.

Tampak ada tiga air terjun berjejer dengan jarak 10-15 meter. Gemuruh dan percikan air sangat menyegarkan muka saat tertiup angin. Sejauh mata memandang, tampak pelangi muncul di air terjun dengan warna air hijau. Sunggun eksoktik dan menawan di pandang mata. Apalagi udara sejuk dengan banyak pepohonan di sekitarnya.

Kaki pun gatal untuk tidak berendam di air yang jernih kehijauan. Apalagi suasana sepi, membuat pengunjung betah berlama-lama mandi berendam di sela bebatuan. 

Saat itulah, aksi jepret kamera untuk berfoto atau mengambil video dengan latar keindahan tiga Curug Cikaso ini. Baik mengambil lokasi di tengah bebatuan, sungai atau di pinggir. Bila ingin mendapatkan gambar lebih bagus, bisa naik ke tebing yang berada di seberang curug.

Bila Anda lapar, di sekitar lokasi juga tersedia warung-warung yang didirikan oleh warga sekitar. Ada sosis bakar, jagung bakar hingga kelapa muda bakar. 

Bila sudah puas berfoto, video dan mandi, bisa kembali ke lokasi parkir dengan naik perahu. Jangan kawatir bila. baju dan celana basah, Anda bisa mampir ke warung nasi Bu Mimi, sambil ganti pakaian. Lebih nyaman lagi kalau makan siang atau sore setelah menghabiskan waktu dan tenaga. Tersedia nasi liwet, ikan bakar, ayam goreng hingga lotek atau gado-gado. Menarik bukan?
 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak