alexametrics

4 Bisnis Pertanian yang Lagi Naik Daun, Patut Dicoba!

Nur Fadilla
4 Bisnis Pertanian yang Lagi Naik Daun, Patut Dicoba!
Ilustrasi tanaman (Jatuphon Buraphon/Pexels).

Makin hari, bidang pertanian mengalami prospek yang kian bagus. Bahkan, saat pandemi di mana hampir semua bidang usaha rakyat terpukul, beberapa sektor usaha pertanian terbilang bertahan atau berkembang. Berikut 4 bisnis di bidang pertanian yang lagi naik daun dan bisa kamu coba!

1. Jualan Bibit, Pupuk, dan Aneka Peralatan Kebutuhan Perkebunan

Sejak pandemi, banyak yang mulai menjadikan aktivitas bercocok tanam sebagai hobi baru, pengusir kebosanan di rumah. Mulai dari menanam aneka tanaman hias, sayur mayur, buah-buahan, ataupun tanaman obat dan rempah-rempah yang terbilang mudah ditanam di pekarangan rumah.

Meningkatnya permintaan akan bibit berbagai tanaman, pupuk, dan aneka peralatan kebutuhan perkebunan lainnya menjadikan peluang besar mendapatkan tambahan pundi-pundi rupiah. Tertarik mencobanya?

2. Budidaya Tanaman Obat dan Rempah-Rempah

Situasi pandemi telah memberi perubahan besar pada kebiasaan rakyat. Makin hari, rakyat mulai sadar akan pentingnya menjaga imunitas tubuh yang dapat ditingkatkan, salah satunya dengan mengkonsumsi tanaman obat ataupun rempah-rempah.

Perubahan kesadaran inilah yang menjadi salah satu penyebab tingginya permintaan aneka tanaman obat dan rempah-rempah. Jika anda berminat, anda bisa mulai mempelajari apa-apa saja yang dibutuhkan untuk budidaya tanaman yang satu ini.

3. Budidaya Tanaman Hidroponik

Budidaya hidroponik akhir-akhir ini, bahkan sebelum pandemi pun, telah populer di sejumlah kalangan masyarakat. Budidaya hidroponik sejatinya adalah metode menanam tanpa menggunakan tanah, melainkan menggunakan air yang mengandung campuran hara.

Bagi anda yang tertarik di bidang ini, anda bisa mulai mempelajari lebih dalam terkait metode tanam tersebut. Tidak hanya itu, modal yang diperlukan pun terbilang besar.
Meski demikian, pangsa pasar budidaya tanaman hidroponik kedepannya terbilang sangat menjanjikan. Hal ini dikarenakan mengkonsumsi tanaman hidroponik tidak hanya menjadi tren sesaat melainkan juga telah menjadi kebiasaan baru masyarakat.

4. Budidaya Sayur dan Buah Organik

Semakin hari, rakyat semakin sadar akan pentingnya mengkonsumsi makanan sehat. Terlebih makanan yang berasal dari tanaman organik.

Adapun yang dimaksud dengan tanaman organik yaitu tanaman yang ditanam tanpa menggunakan bahan-bahan kimia seperti pupuk kimia, pestisida, ataupun obat-obatan tanam. Sehingga tanaman yang dihasilkan lebih segar, sehat, dan tahan lama.

Dari 4 jenis bisnis di bidang pertanian di atas, manakah yang menarik minat anda? Sebelum terjun, pastikan anda telah mempunyai pengetahuan yang mumpuni. Agar anda tidak rugi baik secara finansial ataupun tenaga.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak