alexametrics

Lakukan 5 Hal Ini Agar Tidak Jenuh Selama PPKM Level 3-4

Nurita
Lakukan 5 Hal Ini  Agar Tidak Jenuh Selama PPKM Level 3-4
Ilustrasi di rumah aja.

Seperti yang kita tahu bahwa pemerintah telah menerapakan PPKM atau Pemerlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat demi mencegah penularan Covid-19. Setelah PPKM Darurat, kini pemerintah menerapkan perpanjangan PPKM Level 3-4 sampai 2 Agustus 2021. 

Masyarakat dihimbau agar menuruti apa yang telah diperintahkan yakni bekerja masih dari rumah, belajar dari rumah, beribadah dari rumah dan sederet kegiatan lainnya pun dilakukan di rumah saja. Kecuali beberapa hal yang dikecualikan yang membolehkan tetap beraktivitas di luar rumah. 

Selama di rumah saja setiap orang pasti sampai pada titik bosan dan jenuh. Nah untuk mengatasi hal itu berikut 5 kegiatan positif yang bisa mengusir rasa bosan dan jenuh selama di rumah aja. 

1. Membaca buku 

Hal pertama yang Anda bisa lakukan kalau sedang bosan atau jenuh cobalah baca buku, baca buku yang ringan-ringan dulu seperti novel, komik, atau buku biografi. Bukan hanya buku, Anda juga bisa baca koran, majalah atau berita secara daring. Selain bisa mengusir rasa bosan, membaca buku juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan. 

Pastikan Anda membaca buku setelah selesai mengerjakan pekerjaan rutin ya, seperti setelah selesai bekerja, selesai sekolah atau selesai mengerjakan pekerjaan rumah. Di tambah segelas minuman dan musik yang ringan mampu menambah suasana membaca buku menjadi asyik loh, selamat mencoba. 

2. Menulis artikel 

Tips selanjutnya yaitu menulis artikel, memang tidak semua orang suka atau dapat menulis sebuah artikel. Bagi yang suka menulis  Anda bisa menjual atau menerbitkan tulisannya di blog pribadi. Banyak platform yang menjual jasa tulisan berupa artikel, salah satunya platform yang menerbitkan artikel yang sedang Anda baca ini. 

Tulislah artikel yang bermanfaat bagi orang lain, hindari hal-hal yang berbau SARA, atau Rasis. Anda bisa menulis dengan topik yang ada di kehidupan sehari-hari. Tidak hanya artikel, juga dapat menulis cerita fabel, puisi, esay, atau cerita pendek. Dengan menulis Anda bisa membagikan apa yang sedang dipikirkan, yang pasti tulisan tersebut harus hal-hal yang positif. 

3. Rutin olahraga 

Selama di rumah saja, olahraga tetap harus dilakukan agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari paparan virus Covid-19. Usahakan setiap pagi atau kapanpun Anda punya waktu luang gunakan untuk olahraga.

Olahraga di sini pun bisa yang ringan dengan rentang waktu 15-30 menit. Misal dengan jalan-jalan sekitar koridor rumah, jalan di tempat, push up, sit up, atau naik turun tangga. 

Jangan lupa juga luangkan waktu kurang lebih 15 menit setiap pagi sekitar jam 9 pagi untuk berjemur, hal ini berguna agar tubuh kalian mendapat vitamin D yang berfungsi baik untuk tubuh. 

4. Menonton film 

Tips selanjutnya adalah menonton film. Nah yang satu ini yang paling menarik, kalian bisa menonton film setelah pekerjaan utama Anda selesai. Banyak rekomendasi fim-film baik produksi dalam negeri ataupun luar negeri, dan platform penyedia film tersebut juga ada yang berbayar dan juga ada yang gratis.

Jika Anda pengguna Netfilx, WeTv atau platform yang sejenisnya, Anda akan mengeluarkan biaya untuk berlangganan. Namun, jika Anda ingin yang gratis bisa menonton film yang setiap malam ditayangkan di stasiun televisi, misalnya Trans Tv, pada jam tertentu siaran televisi ini menampilkan film-film produksi luar negeri.

5. Memasak 

Tips terakhir yaitu memasak, kalau memasak ini mungkin cenderung lebih ke perempuan, tapi tidak menutup kemungkina juga loh laki-laki hobi memasak. Bagi Anda yang suka memasak selain masak makanan sehari-hari, kalian bisa explore diri dengan coba memasak makanan yang tidak biasanya. 

Misal membuat kue Tart, Tiramisu, Brownies, Black Forest, dan masih banyak lainnya. Selain Anda bisa menikmatinya, jika dalam porsi besar Anda bisa menjual kue yang telah dibuat. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak