alexametrics

4 Cara Terbaik dan Paling Mudah Merawat Rambut Keriting

Joko
4 Cara Terbaik dan Paling Mudah Merawat Rambut Keriting
Ilustrasi rambut keriting [Shutterstock].

Merawat rambut keriting memang lebih sulit dibanding rambut lurus. Selain itu, risiko terjadinya kusut, kering dan patah juga lebih besar. Meski demikian, apabila sudah tahu teknik perawatan dan pemeliharaannya, pasti semua masalah tersebut bisa diatasi dengan baik. Selain itu hasilnya juga terlihat sangat indah dan berkilau.

Berikut ini beberapa tips merawat rambut keriting agar penampilan menjadi lebih cantik.

1. Memilih produk perawatan yang tepat

Saat memilih produk untuk merawat rambut keriting entah itu shampo, kondisioner, dan sebagainya, hindari yang memiliki kandungan sulfat. Bahan ini sering membuat rambut jadi lebih mudah rapuh, bahkan patah, apalagi untuk rambut bergelombang atau ikal.

Sebagai langkah terbaik, pilih yang memiliki kandungan ingredients, sehingga nutrisinya lebih mampu membuat rambut jadi lembab dan bertekstur. Selain itu, bahan ini dapat menjaga minyak alami pada rambut. Dengan begitu, saat disisir atau diusap menggunakan tangan, tetap terasa halus dan lembut.

2. Membatasi kegiatan keramas

Keramas memang sangat bagus untuk membersihkan rambut. Tapi jika rambutnya ikal atau keriting, sebaiknya kegiatan ini tidak terlalu sering dilakukan. Batasi maksimal dua atau tiga kali saja seminggu. Tujuannya adalah agar kandungan minyak alaminya tidak mudah hilang, sehingga rambut tetap sehat. Apabila kotor, cukup disiram air dan gosok dengan tangan.

3. Menggunakan produk penataan

Apabila ingin menggunakan produk penataan, lakukan secepatnya ketika rambut masih basah atau lembap, agar mempunyai waktu yang cukup untuk mengatur. Jika menunggu terlalu lama, kutikula dalam rambut bisa berubah jadi kasar dan makin keriting, sehingga semakin tidak terdefinisi.

Perhatikan pula, ketika mengoleskan suatu produk, tangan harus selalu tertutup. Jangan sampai terbuka agar tidak mengenai bagian rambut yang lain. Khususnya untuk rambut kering, sehingga terhindar dari risiko kusut dan patah.

4. Mengeringkan rambut 

Cara terbaik mengeringkan rambut keriting dan ikal adalah dengan cara alami. Tapi jika tetap ingin memakai hair dryer, lengkapi pengering elektronik tersebut dengan diffuser. Bagi yang belum mengetahui, diffuser adalah alat untuk mengubah minyak aroma terapi atau esensial hingga menjadi uap. Karena itu, pilih esensial yang juga cocok bagi rambut keriting dan ikal.

Tidak selamanya rambut keriting atau ikal itu bisa membuat penampilan jadi jelek. Jika berani mempraktikkan semua cara merawat rambut keriting di atas, pasti hasilnya akan menjadi lebih cantik dan menarik.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak