alexametrics

Punya Kebiasaan Ngaret? Ini Dia Tips Supaya On Time!

Ina Barina
Punya Kebiasaan Ngaret? Ini Dia Tips Supaya On Time!
Ilustrasi Waktu. (Pixabay)

Tentunya bukan hal baru, ketika sangat jarang sekali menemukan orang yang on time di jaman yang serba sibuk ini. Padahal, kebiasaan ngaret itu bukanlah kebiasaan yang baik loh. Jika kamu sedang ditunggu seseorang, kamu bisa membuat mereka frustasi. Dan jika urusan pekerjaan, kamu bisa dilanda kecemasan mendadak karena tidak memiliki waktu jeda.

On time memanglah bukan kebiasaan yang mudah dibentuk, tapi bukan berarti tidak mungkin ya. Menerapkan kebiasaan on time akan membuat hidupmu lebih berkualitas, sebab setiap kegiatan sehari-harimu akan tertata dengan porsi yang tepat. Jika rutinitasmu tertata dengan baik, maka waktu istirahat pun juga akan kamu dapatkan dengan mudah. Dengan begitu, kebiasaan on time juga akan membantumu menjaga kesehatan baik secara fisik ataupun mental.

Nah, gimana sih caranya supaya bisa on time? Yuk simak tipsnya dibawah ini:

1. Membangun mindset, terlambat adalah kesalahan

Terlambat adalah suatu kesalahan yang sangat fatal. Mengapa? Karena di jaman yang serba sibuk ini, hambatan dan gangguan sering kali muncul secara tiba-tiba. Jadi, kamu tidak bisa membiasakan diri menggunakan keadaan sebagai alasanmu untuk terlambat. Kalau kamu bisa on time, kamu bisa menghindari keadaan-keadaan yang sering jadi alasan untuk keterlambatan itu.

2. Menghargai waktu orang lain

Kamu harus ingat, dunia ini bukan hanya tentang dirimu saja. Orang lain juga punya dunia mereka sendiri, kepentingan mereka masing-masing. Ketika telah membuat janji untuk bertemu dengan orang lain, kamu harus tahu bahwa membuat mereka menunggu terlalu lama itu adalah hal yang tidak sopan.

Dengan terlambat, kamu akan memberi kesan bahwa kamu tidak menghargai waktu orang yang sedang menunggumu. Padahal, bisa saja mereka telah mengorbankan kepentingan mereka demi bisa bertemu denganmu, yang mungkin untuk urusan yang tidak begitu penting.

Jika kamu terlambat lama, kamu juga akan membuat orang yang menunggumu merasa bahwa kamu tidak menganggap janji kalian itu penting. Orang lain juga punya kesibukan, jadi berusahalah untuk memanfaatkan waktu masing-masing dengan menjadi pribadi yang on time.

3. Identifikasi waktu yang dibutuhkan

Ini adalah masalah paling krusial bagi orang-orang yang suka terlambat, yaitu terlalu meremehkan waktu dan tidak memperkirakan keadaan. Biasanya, mereka akan cenderung mengestimasikan waktu sesuka mereka sendiri, tanpa pertimbangan keadaan sekitar ataupun orang lain yang bersangkutan dengan jalannya waktu mereka saat itu.

Lebih baik, mulai sekarang identifikasilah waktumu dengan lebih baik. Beri waktu untuk bersiap, perjalanan dengan segala kemungkinan terburuknya seperti macet ataupun hujan, dan pastikan untuk menyesuaikannya dengan agenda yang kamu miliki saat itu. Dengan menjaga batas waktu di garis depan yang harus kamu patuhi, tentunya akan membantumu untuk lebih bisa mengatur waktu sesuai porsi kepentinganmu.

4. Kelompokkan tugas-tugas yang kompleks

Nah, ini dia alasan utama dalam terlambat. Kamu sering kali lupa bahwa tugas-tugas besar yang kamu miliki itu punya banyak sub-komponen yang lebih kecil dan bisa memakan waktu. Jangan hanya berfokus pada satu tujuan besarmu saja, tetapi berpikirlah juga pada langkah menggapainya.

Misalnya, ketika kamu mendapatkan tugas sebagai koki di sebuah restoran hotel yang selalu ramai pengunjung. Jangan hanya berfokus pada bagaimana caranya kamu terus menghidangkan makanan yang diminta, tapi ingatlah juga pada persiapannya. Jika kamu mulai bekerja di dapur jam 7 pagi, kamu harus bisa mengelompokkan tugas-tugas yang kamu punya sehingga mempermudah kamu dalam menjalani kegiatanmu.

Perhitungkan waktu yang harus kamu habiskan untuk perjalanan ke pasar, berbelanja di pasar dengan antrian yang tentunya tidak bisa diremehkan ketika pagi hari, ditambah apabila kamu perlu mencuci bahan-bahan masakan terlebih dahulu, memotongnya ataupun lain sebagainya. Jadi, buatlah daftar tugas secara detail supaya kamu tidak keteteran dan memiliki estimasi waktu yang tepat.

5.Cermat waktu

Ini adalah salah satu tips jitu dalam membentuk kepribadian on time untuk dirimu, yaitu kamu harus cermat waktu. Jangan sampai kamu lupa waktu karena keasikan melakukan hal lain. Misalnya ketika kamu harus menemui dosen pembimbingmu pukul 10 pagi, maka kamu bisa mulai mengatur alarm terlebih dahulu untuk maksimal 15 menit sebelumnya. Itu akan membantumu untuk lebih sadar bahwa ada agenda yang harus kamu kejar dan ada pekerjaan saat ini yang harus selesai sebelum agenda lain datang.

Nah itu tadi, 5 tips yang mampu membantumu membentuk kebiasaan on time. Jangan remehkan lagi waktu yang kamu miliki, ya. Boleh saja kamu memilih untuk menunda waktumu selama 10 menit dan ternyata orang lain telah maju meninggalkanmu dalam langkah mereka. Tentunya kamu tidak mau kan tertinggal? Maka, biasakanlah on time untuk membuat hidupmu lebih tertata dengan baik.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak