alexametrics

Hindari 4 Kalimat Ini Jika Tak Ingin Memiliki Mental Miskin

Bagus Pra
Hindari 4 Kalimat Ini Jika Tak Ingin Memiliki Mental Miskin
Ilustrasi pria sedang merenung. (pexels.com/Inzmam Khan)

Mental miskin merupakan suatu pola pikir yang telah menyebabkan penyakit hati karena kerap kali memiliki pemahaman dirinya merasa tidak memiliki harta, merasa kekurangan, dan keinginannya tidak dapat dipenuhi.

Penyebabnya karena ingin terlihat kaya di mata orang lain, sehingga berani membelanjakan uangnya hanya sekedar tidak ingin dirinya kalah oleh orang lain.

Selain itu, yang menjadi kebiasaan orang yang bermental miskin adalah mengeluh. Tidak heran akan kalimat yang diucapkannya cenderung negatif. Maka dari itu, hindari 4 kalimat ini jika tak ingin memiliki mental miskin.

1. "Saya tidak bisa"

Selalu pesimis untuk melakukan suatu tindakan, padahal belum sama sekali mencobanya. Tidak tahu hasilnya akan seperti apa hasil, namun sudah menyerah duluan sebelum mengambil langkah.

Tidak heran akan mengucapkan “saya tidak bisa!”. Setiap kalimat yang diucapkan oleh diri sendiri memang dapat menjadi doa. Maka dari itu, berpikir dan berucaplah tentang hal yang positif agar bisa menyemangati diri sendiri.

2. "Hidup ini tidak adil"

Kerap kali membanding-bandingkan kehidupan diri sendiri dengan orang lain justru akan membuat diri akan menyimpulkan sesuatu hal di dalam pikiran kita, salah satu “hidup ini tidak adil”. Bagaimanapun juga, menyesuaikan diri dengan kondisi orang lain tentu bisa membuat diri kita menyebabkan iri hati.

Apalagi, sampai meniru agar bisa terlihat sama dengan gaya hidupnya. Jika kamu mengalaminya harus segera sadar, karena setiap orang memiliki jalan kehidupannya masing-masing. Maka dari itu, harus bisa menikmati dan bersyukur atas apa yang telah kita terima.

3. "Bukan salah saya"

Setiap jalan kehidupan ini memang memperlukan pengambilan keputusan. Maka dari itu, kamu memiliki hak sepenuhnya atas kendali tersebut. Sehingga, kamu akan menentukan untuk memilih tujuan dalam hidup yang seperti apa.

Namun, bukan artinya malah menyalahkan orang lain. Apalagi, yang telah terjadi yang baru dialami. Jangan buang waktumu untuk menguras pikiran seperti itu. Sebaiknya, intropeksi diri untuk menjadi kepribadian yang baik di masa akan datang.

4. "Mereka berhasil lantaran keberuntungan atau kekayaan"

Pada dasarnya, setiap orang memiliki kesempatannya masing-masing untuk menjadi sukses. Tentu ada orang yang memang sudah terlahir dengan privilege, namun bukan artinya kamu harus merasa insecure atau tidak bersyukur atas yang kamu miliki saat ini.

Berdasarkan ulasan di atas, kalimat negatif yang diucap oleh diri sendiri akan berdampak buruk dengan mental kita. Maka dari itu, hindarilah untuk terlalu banyak mengeluh supaya terhindar dari mental miskin.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak