alexametrics

4 Cara Memulihkan Diri Setelah Patah Hati, Bikin Cepat Move On!

Bagus Pra
4 Cara Memulihkan Diri Setelah Patah Hati, Bikin Cepat Move On!
Ilustrasi patah hati (Pexels).

Dalam menjalani kehidupan, tentu akan akan ada pertemuan dan perpisahan. Hal ini termasuk dalam hubungan asmara. Tentu bukan perkara mudah menerima kenyataan dan melupakan kenangan indah bersama mantan kekasih.

Namun, jangan sampai berlarut-larut terpuruk lantaran patah hati. Sebab, akan semakin sulit untuk bangkit dan move on darinya. Oleh sebab itu, simak 4 cara memulihkan diri setelah patah hati agar bisa cepat move on.

1. Meluapkan emosi

Setelah putus cinta, tentu akan ada emosi yang muncul di dalam diri. Entah itu perasaan sedih, kecewa, maupun marah. Meluapkan perasaan merupakan hal yang perlu dilakukan. Hal itu agar kamu bisa melegakkan perasaan yang mengendap di hati.

Kalau perasaan itu dibiarkan begitu saja, justru menyebabkan kamu terasa sesak menjalani keseharian. Oleh sebab itu, supaya perasaan dan pikiran plong, meluapkan emosi perlu dilakukan. Namun, semua ada batasannya ya. Jangan sampai kamu berlarut-larut dalam kesedihan.

2. Mencari kesibukan

Salah satu cara positif untuk menghilangkan rasa rasa sakit hati adalah mencari kesibukkan. Sebab, hal ini dilakukan untuk mengalihkan pikiran dari perasaan sedih sehabis putus cinta. Jika ini sudah terbiasa, maka pelan-pelan akan hilang dengan sendirinya.

Walaupun memang terasa sulit ketika menjalaninya, tetapi sudah menjadi tanggung jawab diri sendiri untuk bisa bangkit dari keterpurukkan. Oleh sebab itu, cari kegiatan positif yang bisa mengembangkan dirimu. Alhasil, kamu bisa melampiasakan semua perasaan ke sesuatu hal yang bermanfaat.

3. Curhat ke orang terdekat

Bagaimanapun juga, memendam permasalahan bukan cara yang tepat untuk menghilangkan rasa sakit hati. Kamu perlu curhat ke orang terdekatmu.

Walaupun orang lain tidak bisa merasakan apa yang kamu rasakan, setidaknya ada pendengar  isi hatimu. Dengan mencurahkan isi hati, kamu bisa merasa lega.

4. Jangan terburu-buru mencari pasangan baru

Setelah putus dengan mantan pacar, sebaiknya jangan terburu-buru mencari pasangan baru. Apalagi kalau kamu masih sayang dengan mantan. Sebab, tanpa kamu sadari justru itu menyakiti perasaan pasangan barumu.

Dia hanya dijadikan pelampiasan olehmu. Hal ini malah membuat konflik baru lagi yang sebenarnya bisa kamu minimalisir dengan cara tidak mencari pasangan baru. Sebaiknya, selesaikan terlebih dulu terhadap masalah yang kamu alami. Setelah itu, kamu boleh mencari pasangan baru untuk mengisi ruang hatimu yang kosong.

Berdasarkan ulasan di atas, semua akan jauh lebih baik ketika kamu menerima kenyataan yang ada. Yakinkan pada diri sendiri bahwa ini merupakan jalan yang terbaik untuk dirimu. Yuk move on!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak