alexametrics

Menanamkan Kebiasaan Membaca, Bagaimana ya?

Shafira Candra Dewi
Menanamkan Kebiasaan Membaca, Bagaimana ya?
Ilustrasi Orang Membaca. (Pexels.com//Tove Liu)

Membaca merupakan hal yang membosankan bagi sebagian kalangan, baik mahasiswa atau pelajar. Namun perlu diketahui bahwa banyak-banyak membaca bisa menambah pengetahuan baru yang sebelumnya belum pernah diajarkan oleh dosen maupun guru. Sebab terkadang para pengajar memilih untuk menjelaskan pada mahasiswa-mahasiswanya gambaran garis besar mengenai mata kuliah yang diampunya.

Untuk lebih mengetahui secara detailnya, mahasiwa harus membaca sendiri materi yang tidak dijelaskan oleh dosen dengan referensi-referensi baik buku maupun jurnal-jurnal ilmiah.

Nah, bagaimana sebenarnya cara untuk menanamkan kebiasaan membaca? Simak ulasannya berikut ini:

1. Tanamkan sifat kepo

Selayaknya kamu ingin tahu lebih dalam tentang si doi, begitu pula sifat kepo harus kamu tanamkan ketika ingin memulai kebiasaan membaca. Tidak ada yang namanya tiba-tiba tertarik begitu saja, harus ada pemicunya. Coba mulai terlebih dahulu membaca daftar isi.

Cari sub pembahasan yang sekiranya kamu sangat ingin mengetahui isinya, kemudian buka halaman yang disebutkan dalam daftar isi sesuai sub bab favoritmu itu. Lalu mulai membaca perlahan kata demi kata agar terserap oleh otakmu.

2. Membaca beberapa halaman saja dalam sehari namun terus-menerus setiap harinya

Jika membaca satu bab kamu rasa berat melakukannya, maka mulailah membaca dua halaman sehari atau beberapa halaman sehari agar kamu tidak jenuh. Lakukan hal ini secara berturut-turut setiap harinya hingga satu bab itu habis. Kemudian lanjutkan subbab-subbab selanjutnya hingga kamu berhasil menyelesaikan membaca satu buku.

Tidak apa-apa waktu membacamu menghabiskan waktu berhari-hari bahkan hitungan bulan. Asalkan kamu konsisten membaca setiap hari maka seiring berjalannya waktu kebiasaan membaca mulai muncul didalam benakmu dan suatu saat kamu dapat meningkatkan kebiasaan membaca sepuluh halaman sehari dan seterusnya.

3. Beristirahat di sela-sela membaca

Kegiatan membaca bisa dibilang dapat melelahkan mata, maka solusinya adalah beristirahat sejenak di sela-sela waktu membaca. Jika kamu pecinta kopi, di tengah-tengah membaca kamu bisa meminum kopi atau memakan biskuit.

Kamu juga boleh sesekali membuka handphone tapi jangan terlalu lama. Karena sekali saja kamu membuka handphone, maka kamu akan terus-menerus memainkannya sampai mengabaikan buku yang belum kamu selesaikan membacanya.

Sekian tips-tips tentang cara menanamkan kebiasaan membaca. Karena membaca ini sangat penting untuk membuka jendela dunia, membuka wawasan kita, dan untuk mengetahui sesuatu yang sebelumnya belum pernah kamu ketahui. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak