alexametrics

Daebak! aespa Sapu Bersih Tangga Lagu Internasional Lewat Mini Album 'Savage'

dita angelina
Daebak! aespa Sapu Bersih Tangga Lagu Internasional Lewat Mini Album 'Savage'
aespa (Instagram/@aespa_official)

aespa sukses menyapu tangga lagu Billboard AS dengan mini album pertamanya bertajuk 'Savage'. Menyadur informasi dari laman Instagram @panncafe, mini album pertama 'Savage' menduduki posisi ke-20 di tangga lagu utama Billboard AS 200 yang dirilis pada 19 Oktober 2021 waktu setempat.

Hal ini mencatatkan peringkat tertinggi dalam sejarah album girl group K-pop pertama, sekaligus mengukuhkan pengaruh serta kepopularitasan aespa yang kini bisa dibilang meningkat tajam.

aespa juga menempati peringkat ke-10 di chart Artist 100 dan chart utama lainnya. Tak cuma itu, mereka juga menarik perhatian publik setelah berhasil memasuki peringkat tertinggi di antara girl group K-pop untuk pertama kalinya.

Selain itu, album 'Savage' juga sukses meraih prestasi lain. Di antaranya menempati posisi puncak di tangga lagu World Album dan Independent Album, urutan ke-2 Penjualan Album Tertinggi, urutan ke-4 Tastemaker Album, urutan ke-13 Penjualan Lagu Digital Dunia, memasuki tangga lagu Billboard 10, urutan ke-24 di Billboard Global (tidak termasuk AS), dan urutan ke-39 di Billboard Global 200.

Dengan pencapaian yang luar biasa ini, aespa sekali lagi menegaskan kekuatan globalnya sebagai idol K-Pop baru.

Aespa "Savage". (Soompi)
Aespa "Savage". (Soompi)

Bahkan, kemarin (19/10/2021) 'Savage' juga berhasil menjadi album terlaris kedua minggu ini di Amerika Serikat. Mini album tersebut sukses masuk dalam chart Penjualan Album Top Billboard, dan menempati urutan ke-2 untuk minggu yang berakhir pada 23 Oktober 2021.

Pencapaian mengesankan tersebut menjadikan mini album 'Savage' milik grup dengan debut album tertinggi. aespa juga turut bergabung bersama senior mereka, TXT, sebagai grup K-pop generasi ke-4 yang debut albumnya berhasil tembus ke dalam chart Billboard 200. 

Hal paling mengesankan dari girl group asuhan SM Entertainment ini adalah, sejumlah prestasi tersebut hanya diraih dalam kurun waktu 11 bulan setelah debut grup.

Mini album pertama 'Savage' sendiri dirilis pada 5 Oktober 2021 lalu. Album tersebut sukses menyapu piala pertama di musik domestik, tangga album, dan berbagai acara musik.

aespa juga berhasil memboyong empat piala kemenangan di berbagai program acara musik mingguan, seperti 'KBS Music Bank', 'SBS Inkigayo', 'MBC Show! Champion', dan 'MBC Show! Music Core'. 

Pencapaian ini kembali menegaskan pesona serta pengaruh aespa yang kini menjadi salah satu sorotan publik tidak hanya domestik, tetapi juga secara global. 

Selamat untuk aespa!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak