alexametrics

4 Pola Pikir Positif yang Tidak Selamanya Berdampak Baik untuk Kehidupanmu

Bagus Pra
4 Pola Pikir Positif yang Tidak Selamanya Berdampak Baik untuk Kehidupanmu
Ilustrasi merenung. (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Memiliki pola pikir yang positif memang bisa bermanfaat jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tidak semua pola pikir yang positif dapat dijadikan untuk pedoman kehidupan.

Walau terkesan positif, justru akan menjadi toxic untuk kedepannya. Sebab, harus bisa melihat kondisi secara realita jika ingin menerapkan pedoman hidup. Maka dari itu, simak 4 pola pikir positif yang tidak selamanya berdampak baik untuk kehidupanmu.

1. Jika orang lain bisa, aku pun harus bisa juga

Hal ini sudah banyak dijadikan motivasi bagi banyak orang. Sudah sebaik merubah pola pikir tersebut. Sebab, setiap orang memiliki keahliannya masing-masing dan tidak perlu memaksakan diri sendiri agar bisa terlihat hebat seperti orang lain.

Bagaimanapun juga, setiap orang punya cara yang berbeda untuk bisa bersinar. Kalau kamu meniru orang lain, belum tentu akan mendapatkan hasil yang sama sepertinya.

2. Memerlakukan orang lain sesuai perlakuannya terhadapmu

Meski terlihat bodoh, kamu harus bisa memperlakukan orang lain secara baik walaupun dia telah berlaku jahat padamu. Sebab, setiap apa yang kamu tanam itulah yang akan kamu tuai.

Bukan hal yang baik untuk bersikap membalas keburukan orang lain dengan keburukan juga. Malahan ini membuat hidup tidak tenang, dan menanamkan sifat pendendam yang justru suatu saat nanti akan jadi bumerang untukmu.

3. Harus menghindar dari kegagalan

Ada kalanya kita bisa menjaga pola pikir yang positif dalam menjalani kehidupan. Bagaimanapun juga, seiring berjalannya waktu kita juga perlu memiliki mental yang kuat jika ada hal yang buruk yang tidak sesuai dengan harapan yang diinginkan.

Bukan maksudnya pola pikir yang negatif, ini akan menyadarkan diri sendiri bahwa setiap perjalan akan bisa bertemu dengan kegagalan. Sehingga, ambisi dirimu agar tidak kelewat batas. Sebab, kalau kenyataannya berbanding terbalik dengan prediksimu, mentalmu sudah siap menerima semua hal yang akan terjadi.

4. Tidak boleh menyerah terhadap apa pun

Tidak selamanya menyerah itu memalukan. Sebab, orang yang telah memiliki banyak pengalaman dihidupnya lebih memahami untuk bisa terus berjalan dan kapan dia perlu untuk berhenti.

Kenyataan, sesuatu hal yang berdampak buruk dan juga tidak berguna sudah sepatutnya kita tinggalkan. Hal ini akan mengajarkanmu untuk bisa memilih keputusan yang terbaik untuk diri sendiri.

Berdasarkan ulasan di atas, harus bisa menyesuaikan dengan kondisi realitanya sebelum mengambil tindakan, meskipun hal tersebut bisa terkesan positif.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak