alexametrics

4 Cara Bijak Menghadapi Pasangan yang Keras Kepala, Biar Makin Harmonis!

Bagus Pra
4 Cara Bijak Menghadapi Pasangan yang Keras Kepala, Biar Makin Harmonis!
Ilustrasi pasangan kekasih. (pexels.com/Keira Burton)

Permasalahan dalam hidup memang tidak bisa ditepis kehadirannya, meski telah berhati-hati sekalipun. Hal inilah yang membuat kita harus lebih berusaha menyelesaikan persoalan dengan baik. Namun, ada orang yang justru memperumit dirinya sendiri untuk enggan mendengarkan pendapat orang lain untuk menyelesaikan masalah bersama, meskipun itu pasangannya sendiri.

Tipikal orang yang keras kepala memang sangat sulit untuk diajak berkompromi. Jika pasanganmu memiliki karakter seperti itu, sudah sepatutnya kamu harus mencari cara agar hubungan tetap bisa harmonis. Maka dari itu, simak 4 cara bijak menghadapi pasangan yang keras kepala.

1. Memahami mengapa dia bersikap keras kepala

Sudah seharusnya kamu harus mengetahui alasan dibalik keputusannya yang sangat teguh. Maka dari itu, kamu juga tetap perlu berempati terhadapnya. Meski dia bertindak keras kepala, namun jangan sampai kalau justru bertindak keras juga, ya!

Sebab, akan menimbulkan pertengkaran lantaran tidak bisa menurun ego satu sama lain. Oleh karena itu, ajaklah berdiskusi untuk mengetahui perasaannya dan pahami dengan kepala dingin. Setelah itu, berilah solusinya dan alasan yang logis untuk bisa dipahami olehnya.

2. Jangan membalasnya dengan amarah

Sebesar apapun masalah yang sedang kalian hadapi, jangan sampai justru kamu yang tersulut emosi dengan sikapnya. Sebab, permasalahan justru semakin memanjang dan tidak menemukan jalan keluarnya.

Kalau emosi dia sudah meninggi, maka berhentilah sejak dulu, ya. Supaya kamu bisa menenangkan pikiran sejenak untuk mengambil kepututsan yang untuk permasalahanmu.

3. Jelaskan manfaat dan kerugian padanya

Ketika ingin memutuskan sesuatu hal, maka jelaskan manfaat serta kerugian dari setiap hal yang ingin diputuskan. Hal ini dia bisa memahami sudut pandangmu untuk membantunya dalam mebandingkannya.

Setelah itu, berikan waktu sejenak untuk bisa mencerna tentang keputusan yang terbaik untuk segera diambil. Hal ini akan lebih membantu untuk bisa berkompromi dengannya untuk menemukan jalan keluar yang tepat.

4. Ungkapkan rasa peduli terhadapnya

Bisa mengungkapkan rasa cinta dan sayang kepada pasangan yang keras kepala sangatlah membantu. Sebab, akan membuatnya merasa luluh dan melembutkan hatinya. Setelah itu, akan cenderung mau mendengarkan saran darimu.

Berdasarkan ulasan di atas, kalau bisa saling berkompromi untuk menurun ego masing-masing, pasti akan lebih mudah menyelesaikan permasalahan dalam hubungan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak