alexametrics

4 Sikap yang Menghambat Kamu untuk Berkembang dalam Hidup

Bagus Pra
4 Sikap yang Menghambat Kamu untuk Berkembang dalam Hidup
Ilustrasi bertengkar. (pexels.com/Liza Summer)

Semua orang pasti ingin ada perkembangan dalam hidupnya, entah dalam kemampuan maupun dalam bersikap. Alhasil, setiap orang ada keinginan menjadi kepribadian yang lebih baik dari sebelumnya.

Namun, tidak jarang banyak orang justru tidak mengetahui ada beberapa sikap yang justu menjadi penghambat dalam hidupnya. Maka dari itu, simak 4 sikap yang jadi penghambatmu untuk berkembang dalam hidup.

1. Enggan menerima kritikan dari orang lain

Sudah menjadi hak pribadi seseorang untuk mau menerima atau menolak masukan dari orang lain. Bagaimanapun juga, terkadang diri kita sulit mengetahui dimana letak kesalahan atau kekurangan yang ada dalam diri.

Hal ini biasanya bisa dilihat dari pengamatan orang lain. Alhasil, seseorang akan memberikan kritik dari kesalahan yang ada di dalam diri kita. Namun, semuanya di tepis begitu saja dan enggan menerima kritik tersebut. Entah beralasan bahwa merasa tidak dihargai atau tidak mau menerima kenyataan yang ada.

Jika hal ini terus terjadi, justru kamu akan kesulitan untuk berkembang. Kamu lihat hanya dari sisi buruknya saja. Cobalah menerima pandangan orang lain, demi kebaikan dirimu sendiri.

2. Hanya mementingkan hasil dengan melakukan segala cara

Tentu saat ini pandangan banyak orang hanya sebatas hasilnya saja dibanding proses yang diperlukan. Entah dalam pendidikan, ataupun di dalam dunia kerja. Alhasil, berani bertindak segala cara untuk memperolehnya, meski yang dilakukan adalah hal yang salah.

Ini disebabkan karena selalu menuntut hasil yang instan. Jadi, enggan sama sekali bersusah payah demi memperoleh sesuatu hal dengan cara yang baik. alhasil, kepribadianmu pun jadi tidak berkembang kalau hal ini dijadikan kebiasaan.

3. Memiliki bakat sebagai penentu kesuksesan

Banyak orang yang masih menganggap tidak memiliki bakat. Sekalinya menemukan passion di dalam diri, justru malah menganggap dirinya tidak layak melakukannya.

Padahal, bakat tidak selamanya dijadikan penentu kesuksesan, kok. Sebab, semua orang diberikan kelemahan serta kelebihan dalam dirinya. Meski tidak memiliki bakat, tapi dirimu juga perlu bekerja keras memperoleh cita-cita yang ingin kamu capai, ya!

4. Tidak berani menyampaikan pendapat

Ketakutan dalam mengutarakan pendapat memang kerap terjadi di dalam benak seseorang. Sebab, takut jika pendapat kita ditentang atau bahkan berbeda dari yang lainnya.

Bagaimanapun juga, hal ini hal yang lumrah terjadi. Sudah saatnya dirimu sudah berani mengutarakan pendapat dalam berbagai pilihan dalam hidup. Selain itu, berani unjuk diri juga bisa meningkatkan rasa percaya diri, lho.

Sudah semestinya diri kita harus bertindak dan berpikir positif demi mendapatkan dalam baik juga untuk diri sendiri.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak