alexametrics

Mixtape Suga BTS 'Agust D' Lampaui 175 Juta Streaming di Spotify!

Shinta Ci
Mixtape Suga BTS 'Agust D' Lampaui 175 Juta Streaming di Spotify!
Suga BTS. Sumber: Soompi

Suga BTS telah menambahkan prestasi besar lain dalam catatan kariernya. Menyadur dari allkpop, pada Sabtu (30/10/2021) KST, mixtape solo pertama Suga 'Agust D' telah melampaui 175 juta streaming di Spotify, platform musik global utama.

Suga BTS pertama kali merilis 'Agust D' pada Agustus 2016 lalu. Dalam mixtape-nya, idol K-Pop tersebut menampilkan berbagai track yang beragam selain 'Agust D',  termasuk lagu intro "Dt sugA (feat. DJ Friz)", "Give It to Me", "Skit", "724148", "140503 at Dawn"  "The Last", "Tony Montana (feat Yankie)".

Sejak awal perlilisannya, mixtape tersebut telah menjadi sorotan oleh media besar AS seperti Billboard dan FUSE TV, serta oleh situs streaming TIDAL. “Agust D,” mixtape pertama Suga BTS , telah dipilih sebagai entri untuk daftar “THE 20 BEST MIXAPES OF 2016” FUSE TV.

FUSE TV kemudian memuji mixtape Suga tersebut dengan mengatakan, “Suga melakukan ini dengan mengadopsi persona yang sama sekali baru sebagai Agust D, melalui rekaman yang menampilkan topik-topik seperti perjuangannya dengan ketenaran maupun depresi.”

Video musik "Agust D" dan "give it to me" juga terdaftar dalam "Top 10 video musik K-pop yang paling banyak ditonton, di AS dan di seluruh dunia. Hal ini membuktikan betapa populer mixtape Suga BTS.

Agust D. Sumber (Allkpop).
Agust D. Sumber (Allkpop).

Album kedua BTS “WINGS” juga masuk dalam daftar “THE 20 BEST ALBUM OF 2016” FUSE TV. Semua lagu dalam album BTS tersebut menerima pujian yang tinggi.

Dalam wawancara dengan media, Suga mengaku memiliki tujuan tersendiri saat meliris mixtape 'Agust D'. Dia berkata,  “Aku ingin mengungkapkan pemikiran jujurku tentang masa muda.”

Saat ditanya mengapa dia memilih untuk merilis mixtape daripada album biasa, Suga menjawab ingin mengekspresikan diri secara transparan dengan tujuan melakukan semua yang ingin ia lakukan. Dia lebih lanjut menambahkan bahwa dia ingin mengeluarkan musik tanpa batasan genre dan lirik.

"Mixtape memiliki semua yang ingin aku lakukan dengan hip-hop sebagai fondasinya. Ada lirik yang kuat yang akan membuat orang berkata 'Hah? Dia melakukan ini?' dan 'Apakah tidak apa-apa baginya untuk menulis lirik seperti itu?' Bagaimanapun, aku merasa lega karena bisa menceritakan kisahku," kata Suga.

Pada Mei 2020, Suga kembali sebagai Agust D dengan mixtape barunya “D-2” yang memiliki total 10 lagu. Ia juga telah merilis video musik untuk lagu utama “Daechwita.” 

Dalam video di balik layar, Suga menjelaskan bahwa salah satu peran yang dimainkannya dalam video musik adalah raja gila. Dia berkata, “Agust D dari empat tahun lalu telah menjadi raja, tetapi dia berkonflik dengan Agust D yang lain.”

Miixtape "D-2"  tersebut telah menduduki puncak Tangga Lagu Top Album iTunes di total 80 negara dan wilayah termasuk AS, Kanada, Jerman, Spanyol, Prancis, Italia, Portugal, Swedia, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Jepang, dan Peru.

“Daechwita,” judul lagu utama dari mixtape "D-2", juga menduduki puncak Tangga Lagu Top iTunes di 50 negara dan wilayah.

Dengan kedua mixtape-nya, Suga benar-benar telah membuktikan bahwa dirinya adalah salah satu rapper dan produser lagu terbaik saat ini.

Selamat untuk Suga BTS.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak