facebook

5 Bahan Alami yang Cocok Dijadikan Masker untuk Tipe Kulit Berminyak

🌸🌸Lily 🌸🌸
5 Bahan Alami yang Cocok Dijadikan Masker untuk Tipe Kulit Berminyak
Ilustrasi masker kunyit (doktersehat.com)

Kecenderungan tipe kulit bagi setiap orang memang bisa berbeda-beda. Ada yang memiliki kecenderungan kulit kering, tapi ada juga yang berminyak. Sayangnya, hampir sebagian besar masalah kulit, seperti komedo dan jerawat, muncul pada jenis kulit berminyak. Hal ini disebabkan oleh produksi sebum yang berlebihan hingga menyumbat pori-pori kulit.

Banyak cara dilakukan untuk mengatasi kelebihan sebum ini. Salah satunya adalah penggunaan masker wajah. Akan tetapi, tidak semua jenis masker akan cocok untuk tipe kulit berminyak, lho. Berikut ini beberapa masker wajah dari bahan alami yang cocok untuk kulit berminyakmu.

1. Pisang

ilustrasi masker pisang (unsplash.com/Wei Ding)
ilustrasi masker pisang (unsplash) / Wei Ding

Pisang, selain sering menjadi buah favorit banyak orang ternyata dapat dijadikan masker wajah juga, nih. Hal ini dikarenakan pisang mampu menyerap kelebihan minyak di wajah. Selain mudah didapat, cara membuat masker pisang pun ternyata tidak sulit.

Tumbuk satu buah pisang sampai halus. Tambahkan 10 tetes air lemon dan satu sendok teh minyak zaitun. Aduk hingga merata, lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 10 sampai 15 menit. Setelah itu basuh muka dengan air hangat.

2. Kunyit

ilustrasi masker kunyit (doktersehat.com)
ilustrasi masker kunyit (doktersehat.com)

Kunyit dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang khas dengan warna kuningnya. Tak hanya dipakai sebagai bumbu masakan, kunyit juga sering dijadikan jamu tradisional. Selain itu, ternyata kunyit juga bisa dimanfaatkan sebagai masker yang mampu mengatasi minyak di wajah yang sekaligus mencerahkan wajah.

Cukup campurkan setengah sendok teh bubuk kunyit, dua sendok makan tepung, dua sendok teh madu, dan seperempat cangkir yogurt. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 sampai 20 menit. Setelah itu, bersihkan dengan handuk basah yang hangat.

3. Timun

ilustrasi masker timun (unsplash.com/Adrian Motroc)
ilustrasi masker timun (unsplash.com/Adrian Motroc)

Sudah menjadi rahasia umum bahwa timun merupakan bahan yang sering digunakan untuk mengatasi masalah kulit berminyak dan kusam. Hal ini dikarenakan timun merupakan astringent alami yang dapat menghilangkan sebum, kotoran, dan sel kulit mati.

Cara membuat masker timun ternyata juga sangat mudah. Cukup campurkan dua sendok makan jus timun dan satu sendok makan air lemon. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat sampai bersih.

4. Tomat

ilustrasi masker tomat (balancedbabe.com)
ilustrasi masker tomat (balancedbabe.com)

Tomat ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Mulai dari mengurangi kadar minyak di wajah, mengatasi jerawat, sampai mengecilkan pori-pori wajah, semua dapat diselesaikan dengan tomat. Oleh karenanya, masker tomat bisa menjadi solusi paling efektif untuk masalah kulitmu.

Caranya cukup dengan mencampur dua sendok makan jus tomat dengan satu sendok makan madu. Oleskan ke wajah dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat sampai bersih.

5. Lidah buaya

ilustrasi masker lidah buaya (thehealthyhack.com)
ilustrasi masker lidah buaya (thehealthyhack.com)

Satu lagi bahan alami yang mampu menjadi solusi untuk kulit berminyak, lidah buaya. Sifat antiperadangan dari lidah buaya akan memberi efek menenangkan untuk kulit sekaligus menyerap kelebihan minyak pada wajah.

Cara membuatnya cukup mudah. Ambil dua sendok makan gel lidah buaya, dan tambahkan dengan satu sendok makan madu. Setelah tercampur rata, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

Itulah lima bahan alami yang cocok digunakan sebagai masker untuk kulit yang cenderung berminyak. Yuk, cobain di rumah.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak