facebook

Harap Bersabar, Ini 4 Alasan yang Bikin Pasangan Enggan Mendengarkanmu

Bagus Pra
Harap Bersabar, Ini 4 Alasan yang Bikin Pasangan Enggan Mendengarkanmu
Ilustrasi bertengkar (pexels/RODNAE Productions).

Komunikasi adalah salah satu hal penting yang mesti dijaga dalam suatu hubungan asmara. Jika berkomunikasi secara baik, maka besar kemungkinan akan terhindar dari kesalahpahaman, dan hubungan pun bisa menjadi berkualitas.

Namun, tak sedikit orang kerap kali diacuhkan atau tidak didengarkan oleh pasangan. Selayaknya kamu sudah berbicara panjang lebar, tapi tidak ada respons sama sekali darinya. Kalau hal ini sering terjadi, maka kamu harus bersabar menghadapinya, ya. Sebenarnya, sikapnya tersebut bisa terjadi karena hasil dari perbuatanmu sendiri, lho.

Supaya kamu tidak curiga pada pasangan, maka simak 4 alasan pasangan enggan mendengarkanmu di bawah ini.

1. Kerap kali mengungkit masalah yang sudah berlalu

Mengungkit kejadian masa lalu setiap kali bertemu pasangan justru membuatnya merasa tidak nyaman berada di dekatmu. Meskipun kamu berniat agar saling terbuka, yang ada dia malah menutup diri secara rapat-rapat dan enggan mendengarkanmu.

Bagaimanapun juga, janganlah mengungkit permasalah masa lalu yang sudah terselesaikan. Namun, kalau ada hal yang masih mengganjal dalam benakmu, ajaklah dia untuk berdiskusi secara baik-baik hingga tuntas dan tidak lagi mengungkitnya.

2. Bicara di waktu yang tidak tepat

Kalau pasangan tidak mendengarkanmu, mungkin saja kamu salah mengajaknya bicara di waktu yang kurang tepat. Entah sedang banyak pekerjaan, kelelahan, atau lagi buru-buru. Alhasil yang kamu bicarakanmu pun tidak didengarkan secara baik olehnya.

Maka dari itu, kamu perlu mengetahui situasi dan kondisi pasanganmu. Sebelum ingin mengajaknya berdiskusi, tanyakan terlebih dahulu keadaannya, apakah sedang santai ataupun tidak. Kalau bisa bersikap seperti itu, tandanya kamu bisa menghargai keadaannya saat ini.

3. Menggunakan kata-kata yang menyakitkan

Mungkin saja kamu sedang berdebat dengannya. Namun, kamu tidak dapat mengendalikan emosi dan melontarkan kata-kata yang menyakitkan perasaannya. Kalau kamu melakukan hal tersebut, jangan heran itu adalah alasannya enggan mendengarkanmu.

Hal ini ditandakan pasangan seakan-akan menjaga jarak agar tidak terjadi pertengkaran lagi denganmu. Maka dari itu, gunakanlah kata-kata yang sopan dan tidak menyakiti perasaannya, ya.

4. Memonopoli pembicaraan

Tanpa kamu sadari, pasangan terkadang akan enggan untuk mendengarkan kalau kamu terus-menerus mendominasi obrolan. Seolah-olah kamu menekannya harus memahami apa yang kamu katakan. Hal ini membuatnya tidak punya kesempatan untuk berbicara.

Padahal, komunikasi dapat terjalin dengan baik kalau ada saling kontribusi di dalam obrolan. Maka dari itu, kamu harus segera sadar diri jika telah mendominasi saat berbicara, ya.

Sudah seharusnya kita saling dapat menjadi pendengar yang baik. Jika sudah seperti itu, akan lebih mudah untuk mengevaluasi perbuatan yang membuat pasangan merasa tertekan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak