alexametrics

4 Tanda Sahabat yang Tulus Padamu, Wajib Dipertahankan!

Keza Felice
4 Tanda Sahabat yang Tulus Padamu, Wajib Dipertahankan!
Ilustrasi persahabatan (Unsplash.com) / Toa Heftiba

Mencari sahabat yang benar-benar tulus ternyata cukup sulit. Pasalnya, tidak sedikit yang mengaku siap menjadi sahabat tapi perilakunya justru penuh kepalsuan. Mereka memang terlihat baik saat di depanmu, tetapi saat bersama orang lain tak jarang mereka menjadikan kamu sebagai bahan bergosip. 

Tentu kamu perlu menghindari lingkaran pertemanan yang tidak dapat mendatangkan manfaat. Untuk itulah kamu harus pandai dalam memilih teman. Akan tetapi, jika sahabatmu menunjukkan beberapa tanda ini, maka kamu harus mempertahankannya. Berikut ini adalah tanda sahabat yang benar-benar tulus padamu.

1. Siap Menjadi Pendengar yang Baik

Tidak semua orang mampu menjadi pendengar yang bisa memperhatikan lawan bicaranya. Bahkan lebih banyak yang menceritakan tentang dirinya sendiri dibandingkan menanggapi apa yang sedang kamu ceritakan. Namun, sahabat yang tulus tidak akan melakukan hal tersebut padamu.

Dia justru akan mendengarkan semua cerita dan keluh kesahmu. Bahkan terkadang dia juga berusaha mencari solusi untuk membantumu menyelesaikan masalah. Sahabat yang seperti ini tidak hanya datang saat kamu senang saja, tapi dia juga akan selalu ada pada masa-masa sulitmu.

2. Tidak Memiliki Niat Bersaing

Alih-alih mempunyai niat untuk bersaing dan mengalahkan kamu, sahabat yang tulus pasti akan mengajakmu bekerja sama. Dia selalu menganggapmu sebagai keluarga. Tak hanya itu, sahabatmu juga akan terus memberikan dukungan, walaupun pada akhirnya kamu lebih dulu mencapai kesuksesan.

Namun, jika kamu masih kurang beruntung, dia akan tetap siap untuk memberikan bantuan. Hal inilah yang menunjukkan bahwa dia benar-benar tulus kepadamu lho!

3. Menghormati Privasimu

Mungkin kamu pernah berteman dengan orang yang sering kepo terhadap kehidupan pribadimu. Hal tersebut menunjukkan bahwa dia memang tidak mampu menjaga dan menghargai privasi orang lain.

Akan tetapi, sahabat sejati akan menghargai batasan di antara kalian. Dia tidak akan memaksamu menceritakan suatu hal yang memang tidak ingin kamu bagikan kepada siapa pun. Sebaliknya, dia justru akan mendengarkan dan mempercayai setiap yang kamu katakan tanpa mencari tahu kelanjutannya dari orang lain.

4. Tidak Pernah Meremehkan Impian yang Kamu Miliki

Meski impianmu terlihat mustahil dan terlalu sulit dicapai, sahabat yang benar-benar tulus tidak akan bosan untuk memberikan dukungan. Meskipun dia tidak dapat membantu dengan materi, tapi dia akan selalu memberikan dorongan agar kamu tidak menyerah. Dia tidak akan meremehkan apa yang menjadi impianmu. Dengan demikian, kamu pasti merasa semangat dan lebih percaya diri, kan?

Nah, itulah beberapa tanda yang dimiliki oleh sahabat sejati yang benar-benar tulus padamu. Dia yang memang berhati baik tidak akan ragu untuk menjadi bagian dari hidupmu. Karenanya kamu harus mempertahankan sahabat yang seperti ini.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak