alexametrics

Musim Hujan Bisa Mengundang Nyamuk, Pakai 5 Cara Ini untuk Mengusirnya

Desyta Rina Marta Guritno
Musim Hujan Bisa Mengundang Nyamuk, Pakai 5 Cara Ini untuk Mengusirnya
Ilustrasi Nyamuk (Pixabay) / Emphyrio

Musim hujan seperti ini membuat lingkungan kita menjadi lembab. Apalagi, di daerah yang cekung, tentu cenderung mudah di tempati air. Kondisi ini sangat disukai nyamuk untuk berkembang biak, biasanya itu terjadi di tempat air yang tidak ditutup, genangan air tidak dapat meresap ke tanah atau tidak mengalir, maka akibatnya jumlah nyamuk semakin menjadi-jadi.

Coba pikirkan bagaimana jika kita sendiri tidak berhati-hati dalam menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan tubuh, penyakit akan dengan mudah menyerang tubuh kita.

Seperti peribahasa sedia payung sebelum hujan, alangkah baiknya jika kita mencegah berkembang biaknya nyamuk. Kita bisa memulainya dengan menjaga kebersihan lingkungan, seperti menutup tempat penyimpanan air, memeriksa, membuang genangan air sisa hujan di sekitar rumah, dan membersihkan rerumputan yang biasanya tumbuh banyak di halaman.

Selain itu, ada beberapa cara untuk mengusir nyamuk. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Menggunakan Batang Sereh

Bukan hanya sebagai bumbu dapur, sereh ternyata juga bermanfaat untuk mengusir nyamuk, lho. Caranya dengan memotong batang sereh, kemudian ditempatkan di sekitar ruangan atau tempat tidur.

2. Lilin Aromaterapi atau Pengharum Ruangan Lavender

Seperti yang kita tahu bahwa lavender sudah dikenal sebagai salah satu bahan yang dapat mengusir nyamuk. Aroma bunganya yang relaksasi bagi kita justru tidak disukai oleh nyamuk.

3. Menggunakan Kelambu

Dengan memasang kelambu penutup tempat tidur dapat mencegah nyamuk untuk berkeliaran di sekitarmu saat tidur. Lagipula saat ini, sudah banyak yang menjual kelambu estetik, jadi tidak hanya mengusir nyamuk tapi juga mempercantik kamar.

4. Menyalakan Kipas Angin

Jika kamu tipe orang yang tidak bisa lepas dari kipas angin, cara ini juga cocok untuk mengusir nyamuk meskipun tidak terlalu efektif. Hanya dengan menyalakan kipas angin, kamu bisa menikmati sensasi dingin dan terhindar dari nyamuk.

5. Rajin Membersihkan Tumpukan Barang

Tumpukan barang seperti baju, buku, atau sepatu terkadang menjadi sarang nyamuk. Untuk itu, kamu perlu sering-sering membersihkan atau setidaknya menepuk-nepuk barang itu dengan kemoceng agar nyamuk pergi.

Itulah beberapa cara untuk mengusir nyamuk. Jangan lupa, untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan serta kesehatan tubuh di musim hujan seperti ini, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak