facebook

3 Penyebab Mudah Iri Hati, Salah Satunya Pengaruh Media Sosial!

Susanti ..
3 Penyebab Mudah Iri Hati, Salah Satunya Pengaruh Media Sosial!
Ilustrasi seseorang sedang melihat HP (pexels.com) / Ivan Samkov

Setiap orang pasti ingin mendapatkan kehidupan yang bahagia? Sayangnya, ada hal yang dapat menghambatmu merasakan kebahagiaan, yakni sifat iri hati.

Memang, iri hati bisa memacu semangatmu, bisa dimaknai positif. Akan tetapi, yang banyak terjadi justru sebaliknya, yaitu berawal dari rasa iri kemudian mendorong berbagai sikap buruk, seperti jadi sering nyinyir.

Ada beberapa alasan kenapa kamu bisa mudah sekali merasa iri pada orang lain. Yuk, kenali apa saja yang jadi penyebab, supaya kamu bisa menghilangkannya!

1. Kurang mengenal diri sendiri

Tiap orang sebenarnya sudah Tuhan beri kelebihan masing-masing. Hanya saja, gak semua orang mampu mengenali dirinya sendiri, yakni apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan.

Sebagian besar orang begitu mudah mengenali kekurangan diri, akan tetapi terbata-bata saat ditanya apa yang menjadi kelebihan. Oleh sebab itu, langkah yang mesti kamu lakukan agar gak iri hati, adalah berusaha kenali kelebihanmu, supaya gak iri dengan kelebihan orang lain.

2. Tak mau menerima kekurangan

Keinginan untuk senantiasa sempurna juga dapat menyebabkan kamu iri, lho! Padahal, di dunia ini gak ada yang sempurna, pasti selalu memiliki kekurangan.

Sebaiknya kamu buang jauh sikap menuntut kesempurnaan, karena dampaknya gak baik. Selain rentan membuatmu stres, hal tersebut juga dapat membuatmu jadi dengki saat melihat orang lain yang tampak gak punya kekurangan.

3. Sering membanding-bandingkan diri

Bila saja kamu ikhlas dan mengapresiasi atas apa yang udah kamu raih selama ini, maka sebenarnya tak perlu ada rasa iri. Sikapmu yang sering membanding-bandingkan itulah yang membuat hati selalu gelisah, dan menginginkan kehidupan versi orang lain. Padahal, tiap orang punya jalan hidupnya masing-masing.

Paparan media sosial bisa membuat kamu jadi gampang sekali membanding-bandingkan, lho! Oleh sebab itu, bisa dirasa kamu jadi sering melakukan pembandingan setelah menggunakan media sosial, ada baiknya berhenti dulu sejenak. Nikmati waktu yang ada tanpa terpapar oleh berita atau unggahan-unggahan orang lain yang rentan membuatmu iri. Niscaya hatimu jadi lebih damai!

Nah, itu dia beberapa alasan kenapa kamu mudah sekali merasa iri. Hindari, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak