alexametrics

3 Tips Move On dari Luka Perselingkuhan, Ampuh Cegah Trauma Berkepanjangan

Susanti ..
3 Tips Move On dari Luka Perselingkuhan, Ampuh Cegah Trauma Berkepanjangan
Ilustrasi wanita yang sedang sedih (pexels.com) / Francesca Zama

Di antara hal paling menakutkan saat menjalin hubungan, adalah mengetahui bahwa pasangan yang sudah kamu percaya, ternyata berkhianat. Tak disangka-sangka, dia yang sempat kamu anggap sosok yang sempurna, begitu kejam sudah melakukan perselingkuhan di belakangmu.

Ketika itu terjadi, selain rasa sakit hati yang mendalam, tak jarang kamu jadi trauma dan takut untuk kembali menjalin hubungan yang baru. Khawatir bila nantinya akan mendapat pasangan yang juga berlaku sama.

Tentu saja hal itu tidak baik bagi hidupmu, karena bisa menghalangimu mendapatkan pasangan yang sebenarnya mampu setia. Untuk itu, yuk, ikuti beberapa tips move on dari luka perselingkuhan supaya kamu tidak mengalami trauma berkepanjangan. Simak terus!

1. Jangan menyangkal

Hal pertama yang harus kamu lakukan agar bisa sembuh dari luka patah hati, yakni tidak perlu menyangkal kalau kamu sudah mengalami hubungan yang gagal. Terima saja kenyataan pahit bahwa kamu telah diselingkuhi, karena umumnya penyangkalan inilah yang bikin kamu susah move on.

2. Lakukan introspeksi

Setiap kejadian pasti punya hikmah di dalamnya, terutama yang menyangkut kejadian buruk. Sering kali ketika perselingkuhan terjadi, yang menjadi korban selingkuh begitu fokus menyalahkan pihak ketiga. Padahal, pasangan atau mantannya pun berperan besar.

Sekalipun hubunganmu mengalami masalah, bukan berarti bisa membenarkan perbuatan selingkuhnya. Bila memang dia sudah tak cinta, semestinya berani untuk berbicara langsung padamu, bukan malah menikam diam-diam.

Meski berat, cobalah introspeksi kenapa hubungan asmaramu yang lalu itu gagal. Bisa jadi dia gak nyaman di hubungan kalian karena kamu egois. Oleh karena itu, di hubungan berikutnya dengan pasangan yang baru, jangan lakukan hal sama.

3. Melakukan aktivitas bersama orang-orang tercinta

Sering kali ketika diselingkuhi, korbannya akan merasa tak layak dicintai. Padahal, itu tak benar. Ada banyak, kok, yang masih mencintaimu. Untuk meningkatkan kepercayaan dirimu lagi, cobalah menghabiskan waktu bersama orang-orang yang kesetiaannya telah teruji, entah itu keluarga atau teman.

Mereka pasti akan berusaha menguatkanmu, sehingga dapat mengembalikan kepercayaanmu, kalau kamu memang sosok yang layak dicintai.

Ingat, ya, seberat apa pun ujian perselingkuhan, jangan pernah menyalahkan diri sendiri. Kamu itu korban!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak