facebook

5 Penyebab Maskara Menggumpal dan Cara Mencegahnya, Jangan Sampai Dilakukan!

Dream Praire
5 Penyebab Maskara Menggumpal dan Cara Mencegahnya, Jangan Sampai Dilakukan!
ilustrasi meggunakan maskara (Pixabay.com/Bruno)

Bulu mata yang lentik memang terkadang bisa menjadi salah satu daya tarik unik bagi sebagian orang. Namun, tidak semua orang terlahir dengan jenis bulu mata tersebut, maka maskara umum digunakan untuk membuat bulu mata agar terlihat lentik. Bahkan mereka yang memang sudah memiliki bulu mata lentik alami kerap menggunakan alat make up satu ini untuk lebih memperindahnya.

Sayangnya seringkali didapati maskara yang dipergunakan terlihat menggumpal pada bulu mata, sehingga bukannya memperindah malah mengganggu penampilan wajah secara keseluruhan. Kabar baiknya, kamu dapat mencegah hal tersebut dengan mengetahui  beberapa penyebab serta cara mengatasinya, seperti yang LorealParisusa telah rangkum berikut ini.

1. Terlalu banyak maskara pada gagang maskara

ilustrasi maskara (Pixabay.com)/ Bruno
ilustrasi maskara (Pixabay.com/Bruno)

Sebenarnya produk maskara dirancang agar maskara yang terangkat di gagang tidak berlebihan. Namun, ada kalanya terjadi kondisi hal itu tidak bekerja dengan baik dan menyebabkan maskara yang menempel pada gagang menjadi terlalu tebal dan ketika dioleskan pada bulu mata dengan segera terjadi penggumpalan. 

Apabila hal tersebut terjadi, cukup oleskan gagang pada  tepi wadah atau tabung maskara agar tidak berlebihan.

2. Kamu terlalu banyak mengoleskan maskara

ilustrasi menggunakan maskara (Pexels.com) Alena Darmel
ilustrasi menggunakan maskara (Pexels.com/AlenaDarmel)

Terkadang, karena ingin hasil yang sempurna, kamu mengoleskan maskara berulang kali. Padahal, hal ini justru akan membuat bulu mata menggumpal tebal tetapi dengan hasil yang buruk. 

Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengoleskan maskara secukupnya dan bisa menambahkan sedikit apabila diperlukan untuk menyempurnakannya.

3. Tidak menggunakan base coat maskara

ilustrasi memakai maskara (Pexels.com) Karolina Grabowska
ilustrasi memakai maskara (Pexels.com/KarolinaGrabowska)

Fungsi base coat adalah untuk mempersiapkan bulu mata sebelum diolesi maskara. Base coat maskara umumnya dapat membuat bulu mata lebih sehat dan membantu pengaplikasian maskara lebih mudah dilakukan.

Maskara bening biasanya dapat dipergunakan sebagai base coat, tapi lebih baik jika kamu memilih produk yang memang dibuat sebagai base maskara. Pilih base maskara yang berkualitas baik sebagai dasar sebelum menerapkan maskara favoritmu, agar tidak menggumpal.

4. Cara pengaplikasian yang kurang tepat

ilustrasi menggunakan maskara (Pixabay.com) Public Domain Pictures
ilustrasi menggunakan maskara (Pixabay.com/PublicDomainPictures)

Walau terlihat mudah karena hanya mengoles saja dari pangkal lalu ke ujung. Namun, pada kenyataannya tidak semua orang bisa melakukannya dengan benar. Cara pengaplikasian yang keliru ini justru memicu terjadinya gumpalan pada bagian bulu mata tertentu dan tidak merata pada bagian yang lain.

Untuk itu, kamu dapat sering berlatih agar hasil olesan maskara sempurna. Seperti kata orang practice makes perfect!

5. Tidak membersihkan maskara

ilustrasi membersihkan make up (Pexels.com) Adrea Piacquadio
ilustrasi membersihkan make up (Pexels.com/AdreaPiacquadio)

Seringkali saat membersihkan riasan, orang lupa untuk membersihkan maskara sampai tuntas. Sisa maskara yang dibiarkan tertinggal pada bulu mata akan mengering. Hal ini menyebabkan olesan maskara berikutnya akan tampak menggumpal.

Mulai sekarang pastikan kamu membersihkan riasan termasuk maskara sampai benar-benar tuntas. Gunakan produk pembersih yang punya daya angkat maksimal namun bersifat lembut agar kondisi bulu mata tetap sehat.

Itulah 5 penyebab maskara menggumpal pada bulu mata dan cara mencegahnya. Kamu bisa mencobanya agar tidak lagi terjadi penggumpalan maskara. Ingatlah untuk memilih produk maskara dan kosmetik lainnya dengan mempertimbangkan unsur keamanan dan fungsi yang maksimal.  Telitilah bahan-bahan yang terkandung dalam produk, pastikan tak ada bahan  yang berbahaya bagi kesehatan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak