facebook

4 Pertimbangan Penting Sebelum Memutuskan Kuliah Sambil Kerja agar Tak Keteteran

Desyta Rina Marta Guritno
4 Pertimbangan Penting Sebelum Memutuskan Kuliah Sambil Kerja agar Tak Keteteran
Ilustrasi Orang sedang Bekerja (Pixabay/StartupStockPhotos)

Bekerja sambil kuliah adalah dua pekerjaan yang kerap diambil oleh sebagian orang. Hal tersebut dilakukan karena beberapa alasan seperti keadaan ekonomi, keinginan untuk mandiri, dan kesempatan yang sayang untuk dilewatkan.

Namun, melakoni dua aktivitas secara bersamaan bukanlah sesuatu hal yang mudah. Apalagi dua-duanya membutuhkan pemikiran dan tenaga yang tidak sedikit. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memiliki kuliah sambil bekerja.

1. Jadwal Kuliah dan Kerja

Hal pertama yang menjadi pertimbangan sebelum memili kuliah sambil bekerja adalah menyesuaikan jadwal. Kamu tidak bisa mengikuti kuliah jika jamnya bertabrakan dengan jam kerja ataupun sebaliknya. Untuk itu, kamu perlu mencari kampus yang menyediakan kelas khusus karyawan agar kedua kegiatan tersebut tidak saling bertabrakan. Kalau tidak, cari tempat kerja yang lebih fleksibel dalam segi waktunya.

2. Fisik

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa bekerja dan kuliah membutuhkan tenaga tidak sedikit. Di tempat kerja, kamu akan dituntut menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan benar. Begitupula di kampus ada dosen yang menuntutmu untuk mengumpulkan tugas tepat waktu. Jika tidak kuat secara fisik, bisa-bisa kamu mudah mengalami kelelahan dan malah jatuh sakit.

3. Pandai Mengatur Waktu

Bagi mahasiswa yang memilih kuliah sambil bekerja, membagi waktu ibarat skill yang harus dikuasai. Tenggat waktu yang kerap kali mengejar membuat mahasiswa kadang harus rela mengurangi jam tidur. Apalagi jika kuliah sambil bekerja, waktu senggang untuk mengerjakan tugas otomatis akan lebih sedikit. Maka dari itu, harus pandai-pandai mengatur waktu jika tidak ingin keteteran.

4. Bertanggungjawab atas Keduanya

Dalam mengambil sebuah keputusan, seseorang hendaknya telah memikirkan segala risiko yang akan dihadapi. Selain itu, harus juga bertanggung jawab atas apa yang telah dipilih. Termasuk saat memilih kuliah sambil bekerja. Jangan sampai jadi teledor kuliah karena sibuk bekerja. Juga jangan sampai abai dalam bekerja karena asyik kuliah. Keduanya harus seimbang.

Itulah 4 hal yang perlu diperhatikan saat akan memutuskan kuliah sambil bekerja. Menjalani dua hal tersebut secara bersamaan memang sesuatu yang baik. Namun, sebelumnya perlu ada pertimbangan yang matang.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak