facebook

Meski Sangat Dekat, Ini 5 Alasan Kamu Wajib Jaga Privasi Terhadap Sahabatmu

Dwimar Turmidzi
Meski Sangat Dekat, Ini 5 Alasan Kamu Wajib Jaga Privasi Terhadap Sahabatmu
ilustrasi sahabat, makan semangka. (Pexels/Andrea Piacquadio/dwimarturmidzi)

Memiliki sahabat dekat untuk curhat masalah pribadi memang sangat menyenangkan. Tidak semua orang bisa memahami semua yang sedang kita rasakan. Terkadang ada beberapa orang yang hanya sekedar ingin tahu, bukannya peduli. Bukan bermaksud untuk tidak mempercayai sahabatmu, tetapi privasimu sendiri juga wajib kamu jaga.

Berikut 5 alasan kenapa kamu tetap wajib jaga privasimu, meskipun terhadap sahabatmu sendiri. Simak artikelnya ya, gengs!

1. Sahabatmu juga memiliki privasi yang kamu sendiri dilarang mengetahuinya

Tentunya setiap individu memiliki masalah hidup dan privasi masing-masing. Akan menjadi hal yang tidak adil jika kamu terlalu terbuka kepadanya sementara ia justru menutup rapat privasinya terhadapmu. Jadi, kamu pun harus tahu mana yang bisa kamu ceritakan, dan mana yang wajib kamu tutup rapat-rapat privasimu.

2. Dia akan menganggap kamu sebagai pribadi yang ceroboh atau pun bodoh

Jika masalah yang kamu hadapi disebabkan oleh dirimu sendiri, dia akan menganggapmu ceroboh. Jika masalah itu disebabkan oleh orang lain, dia akan menganggapmu bodoh. Karena pada dasarnya orang yang merasa dipercaya sebagai teman curhat, akan selalu merasa lebih pintar dari orang yang curhat kepadanya.

3. Dia memiliki sudut pandang yang berbeda dengan apa yang kamu ungkapkan

Apa yang menurutmu benar belum tentu menurutnya benar juga. Mungkin saja dia akan tetap mendengarkanmu, tapi nantinya respon dia akan kontras denganmu. Tentunya itu akan berdampak buruk pada persahabatan kamu dan dia kedepannya.

4. Orang yang kamu curhati adalah orang yang latah

Latah disini bukan latah dalam artian yang sesungguhnya. Namun, latah disini adalah ketika ia bersama teman lainnya, ia tak sengaja menceritakan privasimu terhadap orang lain. Meskipun ia akan merasa sangat menyesal, tapi apalah daya ketika orang lain sudah mengetahui privasimu karena kelatahannya.

5. Jika ia sedang tak suka denganmu, privasimu berada di ujung tanduk

Tak hanya hubungan percintaan, dalam hubungan persahabatan dan pertemanan pasti akan mengalami pasang surut. Karena satu masalah yang membuat kamu dan ia saling berjauhan, dan saat itulah yang dikhawatirkan adalah privasi yang kau ceritakan kepadanya akan terbongkar ke orang lain.

Itu tadi 5 alasan kenapa kamu wajib jaga privasimu meski kepada sahabatmu sendiri. Kita harus tetap menjaga privasi kita sendiri terhadap orang lain, termasuk kepada sahabat kita sendiri. Jadi, tetap jaga privasi-mu baik-baik ya, gengs!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak