facebook

5 Hal yang Dapat Merusak Rambut dan Harus Dihindari, Salah Satunya Air Hangat

Dream Praire
5 Hal yang Dapat Merusak Rambut dan Harus Dihindari, Salah Satunya Air Hangat
Ilustrasi rambut sehat (Pixabay.com/GrishaChernigowsky)

Rambut  kusut, lepek, dan bercabang memang sangat mengganggu penampilan. Tidak hanya itu, rambut tidak sehat yang berlanjut dengan munculnya ketombe bahkan terjadi kerontokan, tentunya sangat mempengaruhi kualitas hidup secara keseluruhan.

Banyak hal yang memicu terjadinya kerusakan rambut, mulai dari perlakuan pada rambut yang keliru sampai pada pemilihan produk perawatan atau penataan yang salah.  Berikut lima hal yang dapat merusak rambut versi Skinkraft.com.

1. Air panas (hangat)

ilustrasi mencuci rambut  (Pexels.com) / Cottonbro
ilustrasi mencuci rambut (Pexels.com/Cottonbro)

Mandi air hangat mungkin terasa nyaman, apalagi dalam cuaca dingin, tetapi terlalu sering menggunakan air hangat untuk mencuci rambut dapat menghilangkan minyak alami dari kulit kepala. Akibatnya kulit kepala menjadi kering bahkan bersisik. Gunakan air dingin agar kulit kepala tetap sehat dan rambut tidak rusak.

2. Stres

ilustrasi stres (Pexels.com)/Anna Shvets
ilustrasi stres (Pexels.com/AnnaShvets)

Stres yang dialami berpengaruh pada kesehatan rambut. Stres bisa memicu terjadinya kerontokan rambut. Tentu saja ini sangat buruk. Hindari hal-hal penyebab stres atau kelola stres dengan baik. Cobalah untuk lebih rileks saat menghadapi suatu persoalan. Berpikir tenang tidak hanya bisa memberimu peluang menemukan solusi masalah yang kamu hadapi, tetapi juga berimbas baik bagi kesehatan fisik termasuk juga rambut.

3. Bahan kimia 

ilustrasi memakai produk penataan rambut ((Pexels.com)/ Karolina Grabowska
ilustrasi memakai produk penataan rambut ((Pexels.com/KarolinaGrabowska)

Kandungan bahan kimia yang mungkin ada pada produk pewarna, pengeriting ataupun pelurus bahkan produk perawatan dapat memberi efek negatif pada folikel rambut yang dapat menghambat pertumbuhan rambut bahkan  mendorong terjadinya kerontokan.

Bijaklah dalam memilih produk penataan rambut. Teliti komposisinya dan jangan berlebihan dalam penggunaannya.

4. Alat penataan rambut

ilustrasi alat penata rambut (Pexels.com)/ Element5 Digital
ilustrasi alat penata rambut (Pexels.com/Element5Digital)

Penggunaan alat seperti hair dryer, pengeriting dan juga pelurus rambut yang berlebihan sangat tidak dianjurkan. Karena panas dari alat-alat tersebut dalam jangka panjang dapat merusak tekstur rambut, membuatnya kering dan rontok.

Jika kamu memang terpaksa menggunakan alat penata rambut, batasi hanya untuk acara-acara tertentu saja dan ikuti dengan perawatan seksama agar terhindar dari dampak negatif  pasca proses penataan rambut.

Saat rambut basah, gunakan sisir bergigi jarang untuk merapikan rambut. Ini untuk menghindari kerontokan akibat kondisi rambut yang rapuh.

5. Air asin dan klorin

ilustrasi berenang (Pixabay.com)/ Pexels
ilustrasi berenang (Pixabay.co/Pexels)

Berenang di laut memang menyenangkan, tetapi jika rambut terlalu lama dibiarkan terpapar air yang mengandung garam, rambut akan menjadi kusut dan rapuh. Ini juga berlaku pada air yang mengandung klorin di kolam renang.

Nick Arrojo seorang penata rambut terkenal dari New York memberi tips untuk mengatasi paparan air laut atau kolam renang. Arrojo menyarankan untuk membasahi rambut sebelum berenang dengan air bersih atau air tawar. Hal ini dimaksudkan untuk menutup pori-pori kulit kepala agar terlindungi dari paparan air garam.

Kamu juga dapat mencoba minyak jojoba untuk melapisi rambut. Jika rambutmu diwarnai, ketahuilah bahwa air laut bisa menjadi bersifat kasar saat bertemu dengan bahan pewarna rambut. Karena itu gunakan shampo khusus rambut berwarna untuk mempertahankan warna rambutmu.

Itulah lima hal yang dapat merusak rambut dan harus dihindari. Jika kamu sudah melakukan perawatan yang benar dan memilih produk-produk yang aman serta alat-alat yang bagus untuk rambut, tapi rambutmu masih saja bermasalah itu saatnya kamu mengunjungi ahli. Konsultasikan kepada dokter terkait kondisi rambutmu.

Sebab, kerusakan pada rambut mungkin saja disebabkan oleh faktor-faktor medis lain. Dengan analisa dan saran yang tepat, diharapkan kondisi rambut akan kembali sehat dan kuat. Selamat mencoba dan ucapkan Bye bye bad hair day!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak