facebook

5 Masker Alami untuk Perawatan Kulit Wajah, Ada Lemon hingga Lidah Buaya

Farra Anjani Sugiharto
5 Masker Alami untuk Perawatan Kulit Wajah, Ada Lemon hingga Lidah Buaya
Ilustrasi masker lemon (unsplash.com)

Mempunyai wajah yang bersinar dan bernutrisi merupakan suatu impian semua orang terutama untuk para wanita. Di masa pandemi seperti ini pastinya kalian para wanita kesulitan untuk melakukan perawatan wajah di luar rumah. Oleh karena itu, untuk menjaga agar kulit wajah tetap bercahaya, para wanita harus tetap melakukan perawatan walaupun di rumah saja.

Di zaman seperti ini, segala hal akan menjadi mudah, para wanita dapat membuat masker alami di dalam rumah dengan harga yang sangat terjangkau. Kulit kencang putih dan bercahaya dapat para wanita dapatkan dengan menggunakan beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai masker.

Berikut 5 masker alami yang bisa dijadikan perawatan wajah yang mudah dijangkau.

1. Lemon 

Lemon (pixabay)
Lemon (pixabay)

Di dunia kecantikan, masker lemon merupakan salah satu alternatif perawatan kulit wajah yang murah, mudah dan sudah terkenal akan manfaat yang ada di dalamnya. Lemon memiliki kandungan Vitamun C dan flavonoid memiliki efek detoksifikasi. Lemon diyakini memiliki manfaat yang banyak seperti meredakan peradangan pada kulit, mengurangi minyak di wajah, mencegah komedo muncul dan mencerahkan wajah secara alami. 

Untuk menggunakan lemon sebagai masker pada wajah, Anda harus memperhatikan cara membuat masker lemon agar dapat merasakan khasiatnya. Anda dapat memeras air lemon dan taruh di wadah dan Anda bisa mencampur dengan putih telur atau minyak almond. Diamkan selama 15-20 menit sampai masker lemon mengering, kemudian bilas wajah hingga bersih. 

2. Yoghurt

Yogurt (pixabay)
Yogurt (pixabay)

Manfaat yoghurt tak hanya untuk dikonsumsi tetapi untuk kecantikan yoghurt pun memiliki banyak manfaat. Yoghurt memiliki kandungan zinc dan kalsiun di dalamnya yang dapat merangsang regenerasi sel. Yoghurt yang paling baik digunakan yaitu yoghurt tawar tetapi jenis yoghurt dapat Anda sesuaikan pada kebutuhan kulit Anda. Manfaat masker Yoghurt dapat mencerahkan dan meratakan warna kulit, mengatasi kulit dari peradangan, serta dapat melembabkan wajah sehingga terasa kenyal dan lembut. Masker Yoghurt dapat Anda gunakan dua sampai tiga kali seminggu. 

Cara menggunakan Yoghurt sebagai masker pada wajah Anda dapat mencampurkan  yoghurt dengan minyak almond atau madu. Perpaduan ini dapat membuat wajah Anda terasa lembab dan cerah. Setelah itu, diamkan campuran masker yoghurt pada wajah Anda sekitar 20-30 menit, kemudian bilas hingga bersih. 

3. Putih Telur 

Putih telur (pixabay)
Putih telur (pixabay)

Manfat pada putih telur banyak mencuri perhatian para wanita karena makanan sumber protein hewani ternyata dapat menutrisi wajah dan cocok untuk kulit normal, kering, atau berminyak. Kandungan yang ada di dalam putih telur yaitu kaya akan protein yang disebut albumin. Albumin merupakan suatu protein yang dapat membantu untuk mengecangkan wajah, dapat mengekfoliasi wajah secara alami dan dapat menyerap minyak berlebih pada wajah. Yang lebih menarik lagi dari masker putih telur, masker ini dapat melawan berbagai tanda-tanda penuaan. 

Cara pemakaian masker putih telur Anda dapat mencampurkan dengan perasan lemon dan satu sendok teh madu. Lalu, campurkan semua bahan dalam satu wadah dan oleskan masker ke seluruh bagian wajah lalu diamkan 15 sampai 20 menit. Jika sudah, bilas wajah hingga bersih. 

4. Tomat 

Tomat (pixabay)
Tomat (pixabay)

Jika kalian memiliki masalah kulit seperti terbakar, memiliki perubahan tekstur pada wajah, dan memiliki garis halus, masker tomat solusinya! Tomat memiliki kandungan likopen yaitu antikosidan yang berasal dari makanan dengan memiliki banyak manfaat dan menjangkau spektrum kesehatan pada kulit. Likopen pada tomat secara khusus untuk membantu mencegah warna kulit, perubahan tekstur dan garis-garis halus.

Selain itu, tomat memiliki kandungan vitamin C yang dapat membuat kulit kenyal dan kencang serta dapat menyeimbangkan pH kulit. Dengan berbagai manfaat yang ada di dalam tomat, masker tomat dapat digunakan untuk berbagai jenis kulit untuk berbagai masalah kulit pada wajah.

Cara pemakaian masker tomat yaitu Anda dapat membelah tomat menjadi dua bagian. Lalu, tumbuk secara perlahan untuk menghancurkan tomat. Anda dapat mencampurkan tomat dengan madu jika ingin, setelah itu oleskan secara merata pada wajah lalu diamkan 15 hingga 20 menit lalu bilas wajah hingga bersih. 

5. Lidah Buaya 

Lidah Buaya (pixabay)
Lidah Buaya (pixabay)

Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman yang dapat diolah diberbagai macam produk dan kosmetik. Daun lidah buaya tidak memiliki tulang tetapi memiliki daging yang tebal dan banyak mengangung gel dan getah. Berbagai kandungan pada lidah buaya yang kaya akan nutrisi, yaitu vitamin A, C, B12, E, asam float, kolin serta berbagai mineral seperti kalsium, magnesium, kalium, natrium dan enzim yang membantu peradangan pada kulit.

Selain itu, lidah buaya memiliki tujuh dari delapan asam amino esensial yang baik untuk tubuh. Aloe vera bekerja untuk menjaga kelembaban dan kekenyalan pada kulit wajah. Aloe vera dapat mengatasi jerawat dan iritasi pada wajah. Untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan pada masker aloe vera, pastikan Anda mengambil dari daun lidah buaya yang segar. 

Cara pemakaian masker lidah buaya dengan cara mengupas bagian kulit hingga bersih lalu ambil daging buah yang berwarna bening. Anda dapat mencampurkan lidah buaya dengan lemon, kunyit atau madu dengan mencampurkan di satu wadah. Setelah itu, oleskan daging lidah buaya keseluruh permukaan wajah Anda. Diamkan 15 hingga 30 menit, jika sudah meresap sempurna lalu bilas wajah hingga bersih. 

Itulah lima masker yang dapat membantu para wanita untuk tetap menjaga kulit wajah dengan bahan alami dan mudah untuk di dapat dengan harga yang sangat terjangkau. Namun, selain menggunakan masker alami secara rutin supaya kulit wajah tetap sehat dan bercahaya Anda juga tidak lupa untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi, rutin berolahraga dan memiliki waktu tidur yang cukup agar kulit tetap terjaga, karena pola hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan kulit wajah bermasalah.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak