facebook

Bosan di Rumah? Bikin Sushi Yuk!

Jeremia Condro
Bosan di Rumah? Bikin Sushi Yuk!
Sushi Geprek Keprabon Express. (Dok. Shopee)

Seperti yang kita semua rasakan, selama masa pandemi ini hampir seluruh orang melakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, di mana pemerintah sudah menganjurkan untuk tidak berkumpul dan berbicara tanpa menggunakan masker.

Memang betul bahwa dengan mengurangi kumpulan orang salah adalah satu cara yang efektif untuk mengurangi angka penyebaran virus yang sedang melanda dunia. Mungkin beberapa dari kita sudah bisa merasakan enak dan kesegaran dunia luar karena mall sudah terbuka untuk umum dan bisa berjalan-jalan, berbelanja, menonton film di bioskop, makan di restoran, sampai berkumpul disuatu tempat.

Beberapa dari kalian pasti masih dilarang oleh orang tua untuk berkumpul dengan teman, bermain di luar rumah, berjalan-jalan, dan masih banyak aktivitas sosial yang ingin kalian lakukan. Jika menginginkan suatu makanan, yang kita lakukan sekarang ini adalah delivery atau takeaway karena sudah dimudahkan oleh berbagai macam aplikasi yang bekerja sama dengan merchant Food and Beverages.

Ada juga beberapa dari kalian yang gemar mengeksplorasi rasa dan masakan yang asing yang biasanya sering dilihat atau ditonton melalui aplikasi TikTok, siapa sih yang tidak merasa bosan dengan makanan yang itu-itu saja dan pilihan yang sama.

Berdasarkan pengalaman pribadi, sebagai mahasiswa yang tinggal di daerah Jakarta seorang diri tanpa ada keluarga disana. Saya mencoba untuk bertahan hidup disana dengan makan di warung tegal atau biasa dikenal dengan warteg yang terkenal dengan harga yang murah dan porsi besar supaya kenyang. Hampir setiap hari untuk makan siang dan malam hanya memakan lauk yang sama dan berulang, jika bosan dan kebetulan ada uang maka akan melakukan takeaway restoran atau pesan via online.

Pada suatu saat, ketika saya sudah merasa bosan dengan apa yang dimakan dan rasanya begitu saja tidak ada perubahan, maka saya mencoba untuk memikirkan dan menyatukan pikiran saya tentang rasa dan bentuk makanan yang pernah dicoba, dan pada akhirnya, saya mencoba membuat sushi yang mudah, enak, dan murah.

Untuk para pembaca, wajib untuk mencoba resep ini karena rasanya enak dan pas di kantong serta cocok untuk dibawa sebagai bekal.

Alat dan Bahan:

  • 1 lembar rumput laut (nori)
  • 1 kepal nasi
  • 1sdt gula*
  • 1/2sdt garam*
  • 2 buah crabstick*
  • 3 potong timun dipotong panjang dan tipis sepanjang nori*
  • Rolling Matt
  • Pisau
  • Talenan

* Bisa divariasikan sesuai selera

Langkah-langkah:

  • Siapkan terlebih dahulu semua bahan.
  • Bumbui nasi dengan satu sendok gula dan setengah sendok garam. Aduklah hingga rata serta diberikan tekanan supaya nasi lebih padat.
  • Selanjutnya, siapkan nori pada rolling matt. Tempelkan nasi yang sudah dibumbui pada bagian nori yang memiliki permukaan lebih kasar. Beri batas satu atau dua jari diatas nori untuk jumlah membatasi nasi
  • Kemudian, masukkan crabstick dan susun timun. Lalu gulung hingga rapat dan dibentuk sesuai selera.
  • Terakhir, potong sushi yang sudah Anda gulung dan sushi siap disajikan.Seperti yang kita ketahui sendiri kalau sushi itu memiliki harga yang bisa dibilang cukup mahal dan memiliki porsi yang kecil.

Dengan resep yang sudah saya tulis ini, saya harap dapat membantu meredakan kanker (kantong kering) yang kita derita ketika tanggal tua dan tidak bisa memakan sushi yang terkenal itu.

Selamat mencoba dan bereksperimen di rumah.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak