facebook

Tips Merawat Kuku Agar Cantik dan Sehat, Jangan Potong Kutikula!

Dream Praire
Tips Merawat Kuku Agar Cantik dan Sehat, Jangan Potong Kutikula!
ilustrasi kuku cantik (Pixabay.com/Alexandra13/dreampraire)

Kuku yang cantik tentu saja sangat menunjang penampilan dan membuat pemiliknya percaya diri. Tetapi karena berbagai  sebab, seringkali kondisi kuku tidak seperti yang dharapkan. Kadang kala kuku terlihat kusam, rapuh dan bahkan patah.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempertahankan kekuatan dan kecantikan kuku seperti dirangkum dari mayoclinic.com:  

1. Jaga kuku tetap kering dan bersih

ilustrasi sarung tangan untuk mencuci (Pixabay.com)/Monfocus
ilustrasi sarung tangan untuk mencuci (Pixabay.com/Monfocus)

Ini penting untuk mencegah berkembangnya bakteri di bawah kuku. Terlalu sering kontak dengan air dapat menyebabkan kuku kamu rapuh dan retak bahkan terbelah. Jika perlu, gunakan sarung tangan karet saat mencuci piring atau ketika kamu sedang bersih-bersih, terutama saat menggunakan bahan kimia yang bersifat keras.

2. Lakukan cara higienis untuk perawatan

ilustrasi perawatan kuku (Pixabay.com)/Stocksnap
ilustrasi perawatan kuku (Pixabay.com/Stocksnap)

Gunakan gunting kuku yang tajam dan bersih. Potong ujung kuku dengan lurus lalu bulatkan tepinya dengan lembut menggunakan alat berkualitas baik. Hindari memaksa keluar kotoran di bawah kuku dengan keras. Lakukan perlahan menggunakan sikat halus.

Jika kamu lebih suka melakukan manikur pedikur di salon, pastikan kamu memilih petugas yang memang kompeten. Jangan ragu untuk meminta agar mereka memberikan produk perawatan yang aman. Tak ada salahnya kamu memeriksa reputasi salon itu dalam hal kebersihan, mulai dari tempat sampai peralatan. Dan jangan lupa menolak jika mereka akan menyingkirkan kutikula. Kukumu memerlukan kutikula ini untuk melindungi kuku yang baru tumbuh dari risiko infeksi.

3.  Gunakan pelembab

ilustrasi lpelembab tangan (Pixabay.com)/AdorebeautyNZ
ilustrasi pelembab tangan (Pixabay.com/AdorebeautyNZ)

Saat memakai pelembab  tangan, kamu bisa mengoleskannya juga pada kuku dan kutikula. Walaupun sebenarnya tersedia produk  khusus kuku di pasaran,  sebagai pertolongan awal kamu bisa memanfaatkan pelembab tangan untuk kamu aplikasikan pada kuku.

4. Konsultasikan kebutuhan biotin

ilustrasi dokter (Pixabay.com)/ Tungnguyen
ilustrasi dokter (Pixabay.com/Tungnguyen)

Jika kukumu terlalu rapuh dan lemah, pertimbangkan untuk menanyakan kepada dokter apakah perlu menggunakan biotin untuk memperkuat kondisi kukumu.

5. Hindari produk perawatan kuku yang keras

ilustrasi cat kuku (Pixabay.com)/MusicTobi
ilustrasi cat kuku (Pixabay.com/MusicTobi)

Batasi penggunaan  cat kuku dan penghapus cat kuku. Pilihlah produk yang bebas kandungan berbahaya. Untuk penghapus cat kuku, pergunakan produk bebas aseton. Jangan tergoda dengan produk berharga rendah. Teliti komposisinya dan periksa apakah semua kandungannya aman.

6. Jangan menggigit kuku dan mengusik kutikula

ilustrasi menggigit kuku (Unsplash.com)/ Pradeep Ranjan
ilustrasi menggigit kuku (Unsplash.comPradeep Ranjan)

Kebiasaan ini dapat menyebabkan luka. Luka pada daerah kuku, walapun kecil tetap berpotensi menjadi jalan masuk bakteri atau jamur. Kutikula juga sebaiknya dijaga karena jika kutikula rusak atau luka akan menyebabkan gangguan pada kuku yang baru tumbuh dan secara keseluruhan kuku akan menjadi rentan dan berisiko terkena infeksi. 

Itulah beberapa cara untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kuku. Selain dengan cara-cara di atas, kamu juga perlu mengonsumsi makanan bergizi. Lengkapi menu makan sehari-hari dengan makanan yang bermanfaat untuk kesehatan kuku.

Pada kondisi tertentu penampakan kuku bisa menjadi indikator adanya suatu gangguan kesehatan tubuh. Apabila kukumu tampak tidak baik-baik saja walaupun kamu sudah melakukan perawatan dengan benar. Maka saatnya kamu mengunjungi dokter untuk memastikan penyebabnya.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak