facebook

Berinvestasi Tapi Malah Minus? Baca 4 Tips Mengatasi Rugi saat Berinvestasi

Jason Gisellie
Berinvestasi Tapi Malah Minus? Baca 4 Tips Mengatasi Rugi saat Berinvestasi
Ilustrasi online trading. [Shutterstock]

Apakah kalian suka trading saham atau aset digital lain? Pasar perdagangan digital banyak sekali menarik orang untuk berinvestasi. Namun banyak sekali cara para investor untuk melakukan perdagangan dan mendapatkan hasil baik profit ataupun tidak profit. Tidak jarang kita para investor sering sekali mengalami kerugian yang belum terealisasi.

Jika ini terjadi terus menerus di dalam perjalanan berinvestasi akan membuat dirimu frustasi dan tidak bersemangat , tetapi janganlah menyerah.

Yuk , simak beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kerugian saat berinvestasi:

1.  Gunakanlah uang yang dapat hilang untuk modal berinvestasi anda

Penting untuk menggunakan uang yang tidak anda pakai untuk kebutuhan hidup anda karena jika investasi kita sedang mengalami kerugian yang belum terealisasi, kita tidak harus menrealisasikan kerugian tersebut untuk di gunakan dalam kehidupan sehari-hari kita.

2. Kendalikan emosi kita saat berinvestasi

Sering sekali emosi berperan penting saat berinvestasi, karena emosi kita dapat mempengaruhi kita dalam mengambil keputusan investasi kita seperti saat membeli ataupun menjual asset kita yang membuat kita mengalami kerugian untuk mengatasi ini. Usahakan kita tidak terpengaruhi emosi saat mengabil keputusan dalam berinvestasi.

3. Istirahat atau rehat dari market

Terkadang sering mengecek portofolio dan grafik dapat menggangu konsentrasi dan strategi trading kita apalagi jika kita mengalami banyak kerugian yang membuat kita semakin ingin untuk menjual asset kita. Untuk menghindari ini, lupakan kerugian dan kekalahan kita agar kita dapat mengembalikan modal kita di kemudian hari.

4. Tetap konsisten dalam strategi trading

Untuk tetap mengambil keuntungan dalam trading kita harus konsisten dengan strategi yang kita gunakan, melakukanya berulang-ulang, dan tetap konsisten seperti mengambil keuntungan ataupun menutup dengan kerugian yakni take profit atau cutloss. Hingga pada akhirnya kita dapat memperoleh keuntungan.

Nah, itulah tips untuk mengatasi kerugian saat berinvestasi. Ingat berinvestasi adalah hal yang sangat berisiko dengan itu harap gunakan uang yang bukan untuk kebutuh pribadi anda dan selalu hati-hati saat melakukan investasi dalam aset manapun. Salam Investasi dan tetap semangat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak