facebook

Ketahui Jenis-Jenis Deterjen yang Dijual di Pasaran, Pilihlah yang Tepat!

Muhammad Hafizh Ramadhan
Ketahui Jenis-Jenis Deterjen yang Dijual di Pasaran, Pilihlah yang Tepat!
Ilustrasi pakaian di jemuran (pexels.com/@skitterphoto/hafizhrmd)

Pastinya ketika mencuci, pakaian akan terbebas dari segala noda, kotoran, dan juga bau. Saat mencuci dibutuhkan deterjen agar pakaian tetap awet dan tidak memudar warnanya. Ada beberapa jenis deterjen, dari yang harganya ekonomis hingga yang mahal.

Kamu bisa memilihnya berdasarkan harga atau dari kegunaan deterjen tersebut.

Berikut beberapa jenis deterjen yang dijual pada umumnya, yuk ketahui deterjen yang sesuai untuk kebutuhanmu:

1. Deterjen cair

Deterjen cair ini sangat cocok untuk menghilangkan noda di pakaian, bekas makanan, sampai minyak. Deterjen ini bisa larut meskipun pada air dingin.

Biasanya deterjen ini banyak digunakan untuk usaha laundry, karena lebih efisien dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk mencuci banyak pakaian di mesin cuci.

2. Deterjen bubuk

Jenis deterjen ini cukup mudah ditemukan karena sangat banyak dijual di pasaran. Deterjen bubuk bisa dipakai untuk mencuci menggunakan tangan maupun mesin cuci. Deterjen ini juga sangat baik untuk membasmi noda dan kotoran yang melekat di pakaian.

3. Deterjen krim

Biasanya deterjen ini digunakan orang-orang untuk mencuci secara manual dengan tangan. Dari harganya deterjen ini lebih ekonomis, tapi kurang efektif untuk membersihkan pakaian. Oleh sebab itu, jenis deterjen ini tidak terlalu diminati.

4. Deterjen berbahan pewangi

Deterjen ini memiliki banyak varian aroma. Saat mencucinya, kamu harus memastikan sisa-sisa deterjennya benar-benar terbilas.

Namun, ada beberapa bahan pewangi yang dapat menyebabkan alergi pada kulit yang sensitif. Kalau kamu termasuk orang berkulit sensitif, kamu harus menghindari mencuci dengan deterjen yang mengandung pewangi.

5. Deterjen berbahan softener

Deterjen ini dicampur sama bahan pelembut, orang banyak menyukai deterjen ini karena bisa menghemat waktu saat mencuci meskipun harganya tergolong mahal.

Orang juga menyukainya karena kemampuan deterjen ini dalam melembutkan pakaian dan tidak butuh waktu yang lama untuk mencucinya.

6. Deterjen sesuai mesin cuci

Ketika mencuci menggunakan mesin cuci, kita harus memperhatikan jenis deterjen yang memang sesuai dengan mesin cucinya. Kalau menggunakan deterjen yang tidak sesuai dengan mesin cuci bisa mengakibatkan kerusakan.

Penting juga membaca petunjuk menggunakan mesin cuci dengan benar dan kamu harus memastikan untuk memilih jenis deterjen yang benar-benar cocok.

Nah, itulah 6 jenis deterjen yang dijual di pasaran, pilihlah deterjen yang tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak