facebook

3 Alasan Mengapa Kamu Tidak Boleh Terlalu Bergantung kepada Orang Lain

oce blue
3 Alasan Mengapa Kamu Tidak Boleh Terlalu Bergantung kepada Orang Lain
Seorang anak laki-laki.[Pixabay]

Kita memang makhluk sosial yang tidak bisa melakukan segalanya sendirian. Tapi kita juga tidak boleh untuk selalu mengharapkan segala bantuan dari orang lain. Jangan cepat menyerah untuk menaklukkan hal sulit. Cobalah selesaikan masalah yang kamu hadapi tanpa melibatkan orang lain. Nah, jika memang masalah yang kamu hadapi terlalu berat untuk dihadapi sendirian, kamu bisa meminta bantuan kepada orang lain. Di bawah ini ada tiga alasan nyata supaya kamu tidak selalu bergantung kepada orang lain.

1. Orang lain tidak akan selalu ada

Alasan pertama adalah kamu harus sadar bahwa tidak semua orang akan selalu ada untuk membantumu. Masing-masing manusia memiliki kehidupan dan kesibukannya sendiri-sendiri. Oleh karena itu, dengan menyadari hal ini kamu akan sadar bahwa jika kamu bergantung kepada orang lain bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan. 

2. Sering mendapatkan kekecewaan

Bukankah hal ini sangat nyata ketika kita mengharapkan bantuan dan kebaikan orang lain namun justru kita mendapatkan hal sebaliknya. Ketika orang lain tidak ada untuk hidup kita, kita merasa kecewa karena hal tersebut. Untuk itu, jangan menggantungkan hidupmu kepada orang lain. Ketika kamu tidak terlalu bergantung kepada orang lain, risiko kekecewaan atau sakit hati yang ditimbulkan oleh orang lain juga akan berkurang.

3. Kapan kamu akan berkembang sendiri

Saat kita terlalu bergantung kepada orang lain, kita tidak akan tahu sehebat apa diri kita. Karena selalu berganti orang lain, kita jadi tidak berkembang dan terus-terusan berada di zona nyaman. Cobalah untuk berdiri sendiri dan temukan jati dirimu yang sebenarnya. Jangan takut untuk jatuh, hal itu bisa menjadi dasar yang kokoh supaya dirimu berkembang menjadi orang yang jauh lebih hebat dari sebelumnya. Mulai saat ini, jika kamu masih sering bergantung kepada orang lain, kurangi hal itu. Kamu harus tahu bahwa jika kamu terus-terusan menggantungkan dirimu kepada orang lain, kamu tidak akan berkembang.

Tidak masalah jika terkadang kamu harus memperkuat diri sendiri tanpa siapa pun yang mendukungmu. Berdiri sendiri bukanlah masalah yang harus kamu khawatirkan. Karena pada akhirnya, yang selalu mendukung segala perjuanganmu sampai garis akhir adalah dirimu sendiri.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak