facebook

Walaupun Sakit, 4 Hal Ini Dapat Menjadi Guru Terbaik dalam Hidupmu!

Muhammad Hafizh Ramadhan
Walaupun Sakit, 4 Hal Ini Dapat Menjadi Guru Terbaik dalam Hidupmu!
Ilustrasi wanita sedang merenung (pexels.com/@alan-retratos)

Di hidup ini, selalu ada dua sisi. Ada bahagia dan menderita, ada kaya dan miskin, serta cinta dan patah hati. Namun, manusia tentu selalu menginginkan yang enaknya saja, padahal tidak semua hal yang membuat kita sakit itu buruk. Bahkan, sesuatu yang membuat kita merasa sedih, marah, dan tidak nyaman dapat menjadi guru terbaik dalam kehidupan kita.

Guru di sini bukanlah yang berbentuk manusia, melainkan sebuah pengalaman. Pengalaman yang nantinya dapat membangun kepribadian di hidup kita dan berguna untuk meraih kesuksesan. Berikut beberapa hal yang dapat menjadi guru terbaik dalam hidupmu.

1. Mengalami kegagalan

Kita pasti pernah mengalami kegagalan. Akibat dari kegagalan itu, kita merasa sedih, kecewa, dan sampai putus asa. Namun, di balik kegagalan tersebut ada pelajaran yang berharga untuk diri kita.

Dengan kegagalan, kita belajar bahwa sudah berusaha semaksimal mungkin, dengan cara terbaik, dan juga do’a yang kita panjatkan. Karena kegagalan kita juga bisa lebih rendah hati dan dapat menghargai orang.

2. Sakit

Tidak ada orang yang menginginkan datangnya sakit. Namun terkadang kita diberikan sakit oleh Tuhan agar lebih mensyukuri nikmat di waktu sehat. Karena biasanya ketika sehat, kita sering melakukan kebiasaan yang tidak baik, seperti makan makanan yang tidak sehat, pola tidur tidak teratur, dan berbagai kebiasaan buruk lainnya.

Dengan merasakan sakit, kamu jadi tahu bahwa menjaga kesehatan itu penting. Saat sakit, banyak aktivitas yang tidak bisa dilakukan. Oleh karena itu, saat kamu sudah sembuh lagi, tinggalkanlah kebiasaan-kebiasaan buruk itu.

3. Kehilangan orang yang berharga

Apakah kamu pernah kehilangan seseorang yang berharga dalam hidupmu, baik itu orang tua, saudara, atau teman sendiri? Kamu pasti akan merasa sedih sekali karena kehilangan mereka. Namun, di sini kita belajar seberapa pentingnya orang-orang tersebut dalam hidup kita.

Jadi, selama mereka masih hidup, jagalah dan berikan yang terbaik buat mereka. Dengan begitu, kamu akan selalu menghargai mereka yang ada didekatmu.

4. Membuat kesalahan

Siapapun pernah membuat kesalahan, tapi berbeda kalau kamu membuat kesalahan yang besar dan dapat berdampak buruk bagi diri sendiri ataupun orang lain. Dirimu tentu akan dipenuhi perasaan bersalah.

Namun dibalik kesalahan itu, ada pelajaran yang bisa kamu dapatkan. Kamu akan semakin berhati-hati ketika mengerjakan sesuatu, membiasakan meminta maaf kepada orang lain, dan mencoba untuk tidak mengulangi kesalahan itu lagi.

Itulah 4 hal yang dapat menjadi guru terbaik dalam hidupmu. Ternyata di balik hal-hal yang tidak menyenangkan itu, terdapat banyak hikmah yang bisa kita ambil.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak