facebook

Ini 4 Tips Aman Berbelanja Online, yang Hobi Buka Online Shop Wajib Paham

Maria Rina
Ini 4 Tips Aman Berbelanja Online, yang Hobi Buka Online Shop Wajib Paham
Ilustrasi berbelanja online.[pexels]

Perkembangan zaman dan teknologi yang semakin pesat memengaruhi berbagai aspek kehidupan. Saat ini hampir semua hal dapat dilakukan secara online, tidak terkecuali dalam hal berbelanja. Berbagai macam e-commerce sudah banyak yang bermunculan. Semua berlomba-lomba memberikan berbagai penawaran yang menarik.

Semakin canggihnya teknologi, membuat segala hal menjadi lebih praktis. Apalagi di masa pandemi ini, online shopping kini menjadi alternatif berbelanja. Tetapi sebelum membeli produk melalui e-commerce, ada baiknya untuk mengetahui tips belanja online.

Ayo kita simak 4 tips aman berbelanja online.

1. Baca deskripsi produk yang akan dibeli

Membaca deskripsi produk sebelum membeli barang sangatlah penting. Bacalah deskripsi produk dengan cermat supaya tidak salah ketika membeli produk. Jangan sampai produk tersebut tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan mengenai produk tersebut, maka dapat menghubungi penjual melalui fitur chat.

2. Cermati review produk

Mencermati review produk merupakan cara efektif untuk mengetahui kualitas produk. Pastikan kamu membaca dan mencari tahu terlebih dahulu produk yang akan kamu beli. Biasanya pada bagian review, para pembeli akan menuliskan testimoni serta melampirkan foto produk yang telah mereka beli. Nah, dari review itu kamu bisa melihat gambar produk secara lebih jelas atau real picture-nya. 

3. Pastikan toko terpercaya

Tips selanjutnya adalah memastikan toko tempat kamu hendak berbelanja aman dan terpercaya. Keamanan ini dapat kamu lihat dari total pembelian produk dari toko tersebut dan review para pembeli sebelumnya. Sebelum memutuskan untuk membeli barang di toko itu, kamu juga bisa untuk mencoba menghubungi penjual terlebih dahulu melalui fitur chat dan perhatikan juga respon dari penjual untuk memastikan keamanan toko tempatmu akan berbelanja. 

4. Simpan baik bukti pembayaran

Tips keempat agar aman dalam berbelanja online adalah menyimpan bukti pembayaran sebaik mungkin. Bagi kamu yang sering melakukan transaksi, khususnya berbelanja melalui e-commerce perlu untuk menyimpan bukti pembayaran ini dengan baik. Tentunya hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal buruk yang mungkin saja terjadi. Jika suatu saat terjadi hal buruk tersebut, maka bukti pembayaran itu dapat kamu jadikan bahan untuk melakukan complain dan dapat menjadi bukti yang dapat dipertanggung jawabkan. 

Itulah 4 tips berbelanja online dengan aman yang bisa kamu terapkan. Sebelum berbelanja, pastikan kamu benar-benar memahami produk yang hendak kamu beli agar tidak menyesal atau bahkan tertipu, ya! Selamat mencoba! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak