facebook

Wajib Tahu! Ini 5 Tips Membeli Baju Lebaran

Zulfah Ariyani
Wajib Tahu! Ini 5 Tips Membeli Baju Lebaran
Ilustrasi membeli baju. [Freepik]

Setelah melaksanakan ibadah puasa Ramadan selama sebulan, maka umat muslim juga akan merayakan Idul Fitri. Dalam perayaan Idul Fitri selalu identik dengan sesuatu yang baru termasuk pakaian. Ketika membeli pakaian juga tidak boleh sembarangan. Kamu perlu menentukan anggaran sebelum memutuskan untuk membeli pakaian. Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan hal lainnya sebelum membeli baju lebaran.

Berikut ini 5 tips membeli baju lebaran.

1. Sesuaikan dengan Budget

Hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum membeli baju lebaran adalah menentukan anggaran. Kamu juga bisa menyiapkan dana tersebut jauh-jauh hari sebelum lebaran. Belilah baju lebaran sesuai dengan budget yang kamu miliki. Hal ini bertujuan agar kondisi finansialmu tetap aman. Ingatlah bahwa kamu masih memiliki kebutuhan lainnya yang harus kamu penuhi selain baju lebaran.

2. Sesuaikan Pakaian dengan Momen Lebaran

Lebaran memang selalu identik dengan pakaian muslim, oleh karena itu agar kamu tidak salah kostum maka bisa membeli baju yang sesuai. Selain itu, pilihlah model pakaian yang bisa kamu gunakan dalam momen lainnya. Dengan begitu, baju lebaranmu akan tetap bisa dipakai untuk momen lainnya selain lebaran.

3. Tentukan Membeli Online atau Offline

Teknologi yang ada sekarang ini semakin membuat belanja menjadi lebih mudah. Tersedianya marketplace dan online shop akan membuat kamu lebih mudah belanja tanpa harus berdesak-desakkan dengan orang lain. Namun, jika membeli secara online kamu perlu membaca dengan cermat deskripsi bahan, warna ataupun model pakaian. Jika kamu merasa ragu membeli secara online, maka kamu bisa membeli baju lebaran secara offline. Kamu bisa melihat secara langsung bahan, ataupun model pakaian yang kamu inginkan.

4. Jangan Membeli Mendekati Lebaran

Baik membeli secara online ataupun offline sebaiknya jangan membelinya ketika mendekati lebaran. Jika membeli secara offline usahakan satu minggu sebelum lebaran kamu telah membeli baju untuk menghindari berdesak-desakan di pusat perbelanjaan. Sementara jika kamu membeli secara online, usahakan membeli jauh-jauh hari agar terhindar dari keterlambatan pengiriman karena adanya overload di pihak ekspedisi ataupun seller.

5. Pertimbangkan Kebutuhan

Sebelum memutuskan membeli baju lebaran, sebaiknya kamu mempertimbangkan kembali apakah ada kebutuhan lain yang lebih mendesak. Jika memang ada kebutuhan lain yang lebih mendesak, kamu bisa menunda terlebih dulu membeli baju lebaran. Kamu bisa mengenakan pakaianmu yang lain yang masih layak pakai. 

Ketika momen lebaran memang dianjurkan untuk mengenakan pakaian terbaik. Namun, pakaian terbaik tidak harus baru. Sehingga kamu bisa mempertimbangkan dulu sebelum membeli baju lebaran.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak