facebook

5 Cara Agar Makan Sahur Tetap Terasa Nikmat dan Enggak Bikin Malas

Desyta Rina Marta Guritno
5 Cara Agar Makan Sahur Tetap Terasa Nikmat dan Enggak Bikin Malas
Ilustrasi makan sahur (Pixabay/Life-Of-Pix)

Hayo, siapa yang pas bangun sahur masih malas? Memang ya, tidak semua orang bisa semangat makan sahur, belum lagi selera makan yang kadang enggak ada sama sekali. Penyebabnya bisa jadi karena tidak terbiasa makan di waktu dini hari, makan terlalu pagi saja dirasa tidak nyaman bagi sebagian orang, apalagi dini hari.

Meskipun demikian, kita tetap harus berusaha bangun untuk melaksanakan sahur. Berikut ini adalah tips agar makan sahur tetap nikmat dan gak bikin malas.  

1. Minuman Hangat

Saat baru bangun, cobalah untuk meminum minuman yang hangat seperti teh atau air putih hangat. Biasanya, dengan minuman hangat selera makan kita bisa naik, makan pun akan terasa nikmat.

2. Makanan Simpel dan Enak di Lidah

Bagi kamu anak kos, siapkan untuk sahur makanan yang mudah dibuat dan tentunya yang terasa nikmat di lidahmu. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa malas sahur karena tidak perlu ribet memasak, justru kamu akan bersemangat karena lauk yang kamu siapkan menggugah selera. Apalagi, kalau lauk tersebut adalah favoritmu. 

3. Beri Sensasi Pedas

Agar tidak ngantuk dan menambah cita rasa makanan semakin nikmat, kamu bisa menambahkan sambal atau bubuk cabe di makananmu. Untuk tingkat kepedasan, sesuaikan saja dengan seleramu karena bagi sebagian orang makan pedas di pagi hari malah membuat sakit perut.

4. Bumbu yang Lebih Kuat

Untuk makan sahur, cobalah untuk memberi bumbu lebih kuat pada masakan. Misalnya dengan memberi garam atau bawang putih lebih banyak, tujuannya adalah agar makanan tersebut lebih terasa di indera perasamu.

5. Minum Air Sedikit demi Sedikit

Hindari meminum air langsung dengan jumlah banyak saat sahur, kalau terlalu banyak meminum air akibatnya perut akan terasa kenyang lebih cepat dan makanan yang masuk hanya sedikit. Jadi, minumlah air sedikit demi sedikit agar perut tetap terisi dengan makanan.

Itulah 5 tips agar makan sahur tetap terasa nikmat serta enggak malesin, tentu saja ini masih perlu disesuaikan dengan selera masing-masing ya. Selamat berpuasa!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak