facebook

3 Cara untuk Mencapai Work Life Balance, Salah Satunya Lakukan Hobi

Calvin Vadero
3 Cara untuk Mencapai Work Life Balance, Salah Satunya Lakukan Hobi
ilustrasi orang bekerja (Pexels.com/ Christina Morillo)

Sudah menjadi hal lumrah jika pekerjaan bisa menyebabkan kelelahan, baik melelahkan secara fisik maupun mental. Ada banyak alasan yang menyebabkan kamu merasa lelah, dan tuntutan pekerjaan sehari-hari dapat membuat kamu lelah secara fisik dan emosional, bahkan jika kamu menghabiskan hari-hari kamu di depan meja kerja.

Alasan lain yang membuat kamu lelah  mulai dari masalah hubungan, hingga kekhawatiran finansial, hingga masalah kesehatan  yang dapat meningkatkan kecemasan yang berlebihan dan akhir akhir ini yang menyebabkan kelelahan banyak orang adalah masalah Covid-19.

Singkat cerita, sudah sangat umum untuk merasa lelah karena bekerja, terutama pada saat krisis dan kesulitan. Kamu mungkin tidak dapat berhenti dari pekerjaan kamu sepenuhnya, tetapi kamu juga tidak harus melihat cadangan energi kamu perlahan-lahan berkurang. Artikel ini akan membantu kamu menemukan solusi dari masalah yang kamu alami sekarang.

Berikut 3 cara yang dapat kamu lakukan untuk mencapai work life balance.

1. Identifikasi perubahan yang dapat kamu buat sendiri

Jika pekerjaan membuat kamu merasa sedikit lebih lelah dari biasanya, langkah pertama yang baik mungkin melibatkan melihat kebiasaan apa pun yang berpotensi berkontribusi terhadap kelelahan yang kamu alami. Mungkin kamu merasa terlalu lelah setelah menyelesaikan pekerjaan di kantor untuk melakukan apa pun kecuali bersantai di spot terbaik di rumah kamu.

Kamu secara teratur begadang untuk memberi diri kamu lebih banyak waktu untuk bersantai, tetapi kamu merasa sulit untuk tertidur ketika akhirnya berhasil tidur. Meskipun kamu ingin keluar untuk berjalan-jalan, bertemu teman-teman dan meluangkan waktu untuk merencanakan memasak atau membeli makanan favorit, kamu sepertinya tidak dapat memliki energi untuk melakukan hal tersebut.

Disadur dari Healthline, makanan bergizi, tidur lebih nyenyak, dan aktivitas fisik tidak akan membuat stres hilang secara ajaib, tentu saja, tetapi perubahan kecil masih bisa menjadi kunci untuk mengurangi kelelahan dan mencegah kelelahan.

Kualitas tidur yang lebih baik tentu dapat membantu kamu mengurangi rasa lelah, tetapi olahraga teratur juga dapat membuat perbedaan, meskipun terdengar terbelakang. Jika kamu tidak siap untuk olahraga berat , tidak masalah. Bahkan jalan cepat di sekitar rumah dapat membantu meningkatkan tingkat energi dan suasana hati.

2. Tinggalkan pekerjaan di tempat kerja

Kamu mungkin merasa  siap menghadapi tantangan saat kamu membiarkan laptop kantor kamu menyala sepanjang malam dan akhir pekan atau jika kamu terus memeriksa email setelah keluar untuk hari itu.

Namun, ketika rekan kerja  tahu bahwa kamu selalu dapat dihubungi, seringkali hampir tidak mungkin untuk "berhenti" sepenuhnya dari pekerjaan, terutama ketika kamu bekerja dari rumah. Jika kamu selalu tepat waktu, kamu tidak akan pernah menemukan waktu untuk mengisi ulang. Jika kamu diharapkan untuk menangani masalah pekerjaan di luar jam kerja, bicarakan dengan supervisor kantor tentang menetapkan beberapa batasan yang jelas terkait jam kerja.

Mungkin beban kerja kamu yang berat seringkali mengharuskan kamu bekerja lembur. Terkadang, ini hanya bagian dari wilayah kerja. Tetapi pertimbangkan apakah kamu cenderung menjadi sukarelawan untuk pekerjaan ekstra untuk membuat rekan satu kantormu bahagia.

Jika demikian, penolakan adalah solusi yang harus kamu lakukan. Ini juga merupakan ide yang baik untuk mendiskusikan pilihan untuk dukungan tempat kerja dengan supervisor kamu. Sulit untuk menjadi produktif ketika kamu merasa kehabisan tenaga.

3. Habiskan waktu luang untuk hobi yang bermanfaat

Setelah hari kerja yang panjang, kamu mungkin kekurangan energi untuk apa melakukan apapun di malam hari. Namun, tantang diri kamu untuk melakukan sesuatu yang berbeda dari waktu ke waktu, terutama saat kamu merasa sangat lelah.

Menonton TV atau bermain video game mungkin terasa santai, dan tidak ada salahnya menikmati dua atau 3 acara di tv. Namun, hobi yang lebih memiliki tujuan sering kali terasa lebih bermanfaat dan membuat kamu merasa lebih puas.

Disadur dari Wmnlife, untuk merasa lebih segar dengan waktu istirahat, pertimbangkan untuk memulai berkebun, membaca buku, atau melakukan satu hal untuk meningkatkan ruang tamu Anda setiap hari.

Itulah 3 cara yang dapat kamu lakukan untuk mencapai work life balance. Segera lakukan dan selamat menikmati hidup yang jauh lebih bahagia.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak